Bantu Pemko Payakumbuh Dalam P4GN, Sejumlah Unsur Terima Penghargaan Walikota -->

Bantu Pemko Payakumbuh Dalam P4GN, Sejumlah Unsur Terima Penghargaan Walikota

Jumat, 25 November 2022
.


Payakumbuh, fajarsumbar.com — Merujuk atas suatu kejadian beberapa waktu lalu, yang tepatnya pada satu minggu kebelakang Kelurahan Tiakar yang berada di kecamatan Payakumbuh Timur telah dihebohkan atas pengungkapan kasus atas tertangkapnya bandar narkoba dan beberapa orang yang menjadi kurir narkoba oleh Polres Payakumbuh. Terungkapnya kasus ini merupakan pengembagan dari kasus-kasus narkoba yang ada di Kelurahan Tiakar.


Terkait akan peristiwa tersebut, saat ini Kelurahan Tiakar sedang intens melaksanakan kegiatan Kelurahan bersih narkoba (Bersinar) bersama BNN Kota Payakumbuh. Dalam mendukung hal tersebut, kelurahan Tiakar telah membangun komitmen bersama tokoh-tokoh masyarakat, untuk membetuk Kelompok Kerja (Pokja) serta melaksanakan rencana aksi yang sudah mulai dilaksanakan secara bertahap. 


Bahkan, baru-baru ini tokoh masyarakat yang mewakili dari unsur Ninik mamak, Bundo Kanduang, LPM, Karang Taruna, RT/RW, dan Pokja Kelurahan Bersinar bersama-sama mendatangi BNN untuk melaksanakan rapat koordinasi terkait dengan rencana-rencana aksi yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat ini.


Terkait dengan gebrakan yang telah dilakukan oleh kelurahan Tiakar dalam melaksanakan kegiatan yang bertajuk kelurahan Bersinar, Walikota Payakumbuh yang diwakili oleh Plt. Sekretaris Daerah Payakumbuh Dafrul Pasi hadir untuk memberikan apresiasi langsung atas langkah tersebut.


Bertempat di Balai Adat Kerapatan Adat Nagari (KAN) Tiakar, Kamis (24/11) sore, Dafrul Pasi sampaikan apresiasi kepada Polres Payakumbuh, KAN serta Pemerintah Kelurahan Tiakar. 


Menurutnya narkoba merupakan musuh bersama yang penanggulangannya juga harus dilakukan secara bersama-sama. Tidak cukup hanya dengan mengandalkan pihak kepolisian, BNN dan pemerintah setempat. Peran serta seluruh elemen masyarakat di Kelurahan menjadi kunci dari keberhasilan untuk menjadikan sebuah Kelurahan tersebut tergolong dalam kelurahan Bersinar,” ungkap Daf sapaan akrab Plt. Sekretaris Daerah itu.


Dan untuk dapat memberikan apresiasi atas pencapaiannya (Polres, KAN, dan Kelurahan Tiakar), mewakili Pj. Walikota Payakumbuh Dafrul Pasi serahkan penghargaan kepada Polres Payakumbuh yang diterima langsung oleh Kepala Satuan Narkoba Iptu Aiga Putra, ketua KAN Tiakar Dt. Pobo Nan Putiah dan dari Kelurahan Tiakar yakni Lurah Ari Ashadi.


"Polisi, BNN, Pemerintah setempat punya keterbatasan personil. Peran serta seluruh unsur dan tokoh-tokoh masyarakat untuk bersama-sama memberantas narkoba menjadi hal yang paling penting dalam menciptakan Kelurahan Bersinar. Untuk itu kami atas nama Pemerintah Kota Payakumbuh memberikan  apresiasi kepada pihak Polres, KAN dan Pemerintah Kelurahan atas kegiatan P4GN khsusunya dalam pengungkapan kasus-kasus narkoba Baru-baru ini di Kelurahan Tiakar", tutur Daf.


Terkait dengan Kelurahan Bersinar, Dafrul Pasi berharap di lingkup pemerintah kota Payakumbuh nantinya akan dapat terciptanya Kelurahan Bersinar pada seluruh Kelurahan yang ada di Kota Payakumbuh. 


Sementara itu, Kapolres Payakumbuh Alex Prawira pada kesempatan tersebut sampaikan hal yang terkait dengan kasus-kasus narkoba di Kota Payakumbuh terkhususnya pada kelurahan Tiakar. Terkait Kelurahan Tiakar, Alex utarakan  harapannya kepada seluruh tamu undangan, tokoh masyarakat dan pemangku adat yang hadir.


"Disini kami tidak akan memberikan arahan, tapi harapanlah yang kami inginkan disini. Harapan agar semua Ninik mamak, Bundo Kanduang, LPM, RT/RW, pemuda dan tokoh-tokoh masyatakat untuk bersama-sama membantu kami dalam pemberantasan narkoba di kota Payakumbuh. Tanpa itu kami tidak akan mampu berbuat banyak", pinta Alex.


Lebih lanjut, Alex katakan jika seyogyanya hal tersebut telah dibangun di Kelurahan Tiakar dan seiring pula dengan program Kelurahan Bersinar yang dikomandoi oleh BNN Kota Payakumbuh.


Lurah Tiakar Ari Ashadi setelah menerima penghargaan tersebut mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tinginya kepada Pj. Walikota Payakumbuh Rida Ananda yang telah memberikan penghargaan kepada Kelurahan Tiakar dan KAN Tiakar dalam kegiatan P4GN ini. 


“Terima kasih juga kami sampaikan kepada Kapolres Payakumbuh Bapak Alex Prawira dan kepala BNN Kota Payakumbuh Bapak M. Febrian Jufril yang telah banyak membantu dalam pengungkapan-pengungkapan kasus narkoba di wilayah Kelurahan Tiakar. Harapan kita tentu kedepan Tiakar akan bebar-benar bersih dari Narkoba. Semoga !!”, tukas Ari. (ul)