Bawaslu Kabupaten Pasbar terbaik 3 tingkat Nasional Dalam Penulisan Press Release  -->

Bawaslu Kabupaten Pasbar terbaik 3 tingkat Nasional Dalam Penulisan Press Release 

Kamis, 17 November 2022

 

Bawaslu Pasbar foto bersama dengan Bawaslu daerah lain yang mendapatkan penghargaan dalam penulisan press release 

Pasbar, fajarsumbar.com__

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) meraih peringkat ke tiga secara nasional dalam penulisan pers rilis. 


Piagam penghargaan diterima oleh Bawaslu Pasbar ketika menghadiri kegiatan rapat koordinasi nasional kehumasan Bawaslu, Bawaslu Provinsi dan Bawaslu kabupaten kota di Claro Makassar Hotel, Provinsi Sulawesi Selatan beberapa waktu lalu.


Menurut Ketua Bawaslu Kabupaten Pasbar, Emra Patria Kamis (17/1)

mengatakan kegiatan tersebut dalam rangka peningkatan citra positif lembaga dan kompetensi kehumasan. 


"Kegiatan itu, sebagai upaya meningkatkan kompetensi kehumasan Bawaslu dalam skala Nasional dalam penyampaian dan penyajian informasi kepada publik,"katanya.


Ia menambahkan, Rakornas kehumasan dilaksanakan dengan tujuan untuk mensinergikan program kehumasan Bawaslu, mengoptimalkan manajemen sumber daya manusia kehumasan Bawaslu dan meningkatkan produktifitas konten kehumasan Bawaslu.


Karena, katanya Humas adalah wajah lembaga yang merupakan bagian paling mudah dilihat oleh pihak eksternal. Sehingga perlu pengelolaan dan manajemen komunikasi terhadap publik.


"Sebab, misi Bawalsu dalam pengelolaan kehumasan adalah menjadikan lembaga Bawaslu sebagai lembaga yang terpercaya. Ini mengandung makna bahwa publik memita kepada Bawaslu agar pelaksanaan Pemilu dapat berjalan dengan aman, tertib dan kondusif,"ujarnya. 


Karena, lanjut Emra Patria kepercayaan publik amat penting bagi Bawaslu. Ini akan menentukan partisipasi masyarakat bersama dengan Bawaslu dalam pengawasan dan pelaporan, pengawasan partisipatif dapat diraih ketika ada komunikasi yang baik dari Bawaslu kepada publik.



Oleh karena itu, Humas Bawaslu dituntut untuk bisa memberikan informasi cepat, tepat, terbuka, kredibel, dan akuntabel kepada publik melalui cara-cara yang adaptif, inovatif, kreatif, dan edukatif.


Salah satu langkah pencegahan yang dilakukan oleh humas Bawaslu adalah dengan publikasi. Begitu pula kiat-kiat lembaga penting untuk diinformasikan kepada publik sebagai pemenuhan hak atas informasi kerja yang dilakukan Bawaslu.


Dengan adanya agenda peningkatan kepasitas kehumasan ini, menjadi bekal bagi pengelola kehumasan di Bawaslu agar dapat mepraktekkan ilmunya dalam kerja-kerja kehumasan karena tidak ada artinya keberhasilan tanpa adanya publikasi. Jd