Bawaslu Way Kanan Bersama Ormas dan OKP Lakukan Kegiatan Sosialisasi -->

Iklan Atas

Bawaslu Way Kanan Bersama Ormas dan OKP Lakukan Kegiatan Sosialisasi

Sabtu, 05 November 2022

Foto bersama Bawaslu Way Kanan Bersama  Ormas dan OKP dalam Kegiatan Sosialisasi


Way Kanan - Bertempat Di Aula Mutiara, Hotel Syariah Baradatu Way Kanan Telah Berlangsung kegiatan Sosialisasi Pengawasan Partisipatif Bawaslu Way Kanan Bersama Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) dan Organisasi Kepemudaan (OKP,Sabtu, (5/10/11/2022)


Acara yang dibuka oleh Ketua Bawaslu Way Kanan Yesi Karnainsyah tersebut dilanjut dengan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama Antara Bawaslu Way Kanan dengan Ormas dan OKP.


Menjadi Pemateri dalam kegiatan tersebut adalah Bawaslu Provinsi Lampung dan Bupati Way Kanan yang juga Ketua Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Orda Way Kanan.


Dalam paparan materinya, Ahmad Karno Satarya Anggota Bawaslu Lampung menjelaskan bahwa Bawaslu Bukanlah lembaga anti kritik dan dengan keterbatasan personil di Pengawas Pemilu maka sangat diperlukannya peran masyarakat dalam pengawasan Pemilu Partisipatif.


"Personil Bawaslu dari RI sampai Pengawas TPS sangat terbatas sehingga sulit mengcover seluruh pengawasan yang berkaitan dengan penyelenggaraan Pemilu. Ada Penyelenggara Pemilu, ada Peseta Pemilu, masyarakat Pemilih, serta ASN, TNI Polri yang perlu diawasi Netralitasnya. Oleh sebab itu tujuan kegiatan hari ini adalah melebarkan sayap pengawasan oleh elemen masyarakat dan Bawaslu bukan lembaga anti kritik",Jelas Karno


Sementara itu, Dedi Iskandar mewakili ketua ICMI yang mewakili Raden Adipati Surya dalam paparan materinya menjelaskan pentingnya peran ormas sejak sebelum Indonesia merdeka sampai dengan mengisi kemerdekaan.


"Mewakili Bupati Way Kanan yang juga ketua ICMI saya menyampaikan salam hangat kepada seluruh peserta yang hadir. Banyak Ormas yang sudah ada sebelum Negara ini ada seperti Muhammadiyah, NU dan lain-lain sehingga Negara tidak perlu ragu lagi tentang sumbangsih Ormas kepada Negara". Jelas Dedi Iskandar.


Namun seiring berjalannya waktu keberagaman Ormas maupun OKP yang ada memiliki tantangan tersendiri khususnya dalam dunia Demokrasi dan tidak sedikit Ormas yang malah mementingkang kepentingan Parpol dari pada masyarakat.


Hadir dalam kegiatan tersebut Ormas dan OKP yang ada diKabupaten Way Kanan sebagai peserta, Bawaslu Provinsi dan Kabupaten Way Kanan sebagai penyelenggata kegiatan.(Heri)