Bunda PAUD Kabupaten Way Kanan Hadiri Pembinaan Kelembagaan dan Manajemen PAUD -->

Bunda PAUD Kabupaten Way Kanan Hadiri Pembinaan Kelembagaan dan Manajemen PAUD

Selasa, 29 November 2022

 

Bunda PAUD Kabupaten Way Kanan Bunda Hj. Dessy Afriyanti Adipati diwakili Ketua Pokja Bunda PAUD Kabupaten Way Kanan, Ny. Vorian Melita Saipul menghadiri Pembinaan Kelembagaan dan Manajemen PAUD .




Way Kanan - Bunda PAUD Kabupaten Way Kanan Bunda Hj. Dessy Afriyanti Adipati diwakili Ketua Pokja Bunda PAUD Kabupaten Way Kanan, Ny. Vorian Melita Saipul menghadiri Pembinaan Kelembagaan dan Manajemen PAUD dalam Rangka Percepatan Penurunan dan Pencegahan Stunting melalui PAUD-HI di STAI Al-Hikmah Kampung Pisang Baru Kecamatan Bumi Agung, Senin (28/11/2022), yang turut dihadiri oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dan Pimpinan Kecamatan Bumi Agung.

 

Menyampaikan sambutan Bunda PAUD Kabupaten, Ny. Vorian Melita Saipul mengatakan bahwa kegiatan tersebut dilakukan sebagai bentuk komitmen Pemerintah dalam upaya percepatan penurunan  dan pencegahan stunting, serta kekerasan terhadap anak dan perempuan di Kabupaten Way Kanan melalui PAUD-HI

.

Disampaikan pula bahwa terdapat beberapa tips mencegah stunting, yaitu Pada Saat Remaja Putri dilakukan skrining anemia dan konsumsi tablet tambah darah (TTD), pada Saat Masa Kehamilan disarankan untuk rutin memeriksakan kondisi kehamilan ke dokter, dan perlu memenuhi asupan nutrisi yang baik selama kehamilan. Selanjutnya, pada Saat Balita diterapkan Inisiasi Menyusui Dini (IMD), imunisasi, ASI eksklusif, Pemantauan tumbuh kembang serta diterapkan Gaya Hidup Bersih dan Sehat.

 

“Program layanan yang mendukukng pencegahan dan penanganan stunting sera kekerasan terhadap anak dan perempuan yang secara terintegrasi adalah melalui layanan PAUD-HI, diantaranya BKB, Posyandu dan PAUD. Karena dampak buruk akibat kekerasan pada perempuan dan anak adalah mengalami trauma, reaksi fisik, keinginan bunuh diri, dan berbagai reaksi negatif lainnya, sehingga butuh waktu lama untuk pemulihannya. Untuk itu, kami berharap perempuan dan anak di Kabupaten Way Kanan ini berani melapo jika mengalami kekerasan atau ancaman dari orang lain”, ujar Ketua Pokja PAUD, Ny. Vorian Melita Saipul.


Diketahui, pada acara tersebut dihadiri oleh Kader PAUD Kecamatan Way Tuba, Kecamatan Bumi Agung, Kecamatan Buay Bahuga dan Kecamatan Bahuga.Sumber Waykanankab.go.id (Heri)