Bupati Audiensi Bersama Perwakilan Masyarakat se-Kecamatan Rambatan -->

Iklan Atas

Bupati Audiensi Bersama Perwakilan Masyarakat se-Kecamatan Rambatan

Senin, 28 November 2022

Bupati Eka Putra saat melakukan audiensi dengan masyarakat Kecamatan Rambatan, di Aula Kantor Camat setempat, Senin (28/11) 

 

Tanah Datar, fajarsumbar.com - Menjemput aspirasi masyarakat terhadap berbagai permasalahan dan hambatan, dalam melaksanakan Program Unggulan (Progul) dan berbagai pelaksanaan program strategis lainnya. Bupati Tanah Datar Eka Putra, SE. MM, melakukan audiensi bersama masyarakat Kecamatan Rambatan, yang dilaksanakan di Aula Kantor Camat Rambatan, Senin (28/11/22). 


Bupati turut didampingi Asisten Pemerintahan dan Kesra Elizar, Kadis PMDPPKB Nofenril, Plt. Kadis Pertanian Sri Mulyani, Kabag POD Abdurahman Hadi, Kabag Prokopim Dedi Tri Widono, Camat Rambatan Ikrar Pahlepi, Irban dari Inspektorat, Wali Nagari, Wali Jorong, tokoh masyarakat se Kecamatan Rambatan dan undangan lainnya. 


Bupati Eka Putra di kesempatan itu, menyampaikan terima kasih kepada seluruh lapisan masyarakat, bersama seluruh unsur dan instansi terkait, yang telah mendukung dan menyukseskan Progul Tanah Datar. 


"Progul di bidang keagamaan yakni Satu Rumah Satu Hafizh/hafizah sudah berjalan baik, dan apresiasi khusus diberikan karena Kecamatan Rambatan yang menjadi kecamatan terbanyak stiker di rumah hafiz/hafizah. Bahkan Nagari Balimbiang juga sudah di launching menjadi Nagari Tahfizh, sebagai wujud dalam mendukung pelaksanaan program ini," sampai Eka. 


Kemudian, tambah Eka, juga ada Progul Bajak Gratis yang merupakan satu-satunya di Indonesia, yang menggratiskan dari Alat mesin pertanian (Alsintan), biaya operator, dan BBM, namun tentunya ada kriteria dan syarat yang harus dipenuhi. 


"Dari 4.200 hektar lahan pertanian yang ditargetkan tahun 2022 ini, telah terealisasi 3720,22 hektar atau 88,58% dengan total permohonan sebayak 7.263 buah. Tentunya, sebagai program baru capaian sampai hari ini cukup baik," tukas Bupati. 


Selanjutnya, Bupati juga menyampaikan terima kasih atas dukungan Progul Satu Nagari Satu Event, dan Progul lainnya, termasuk berbagai langkah strategis dalam mendukung pengendalian inflasi daerah, dengan meningkatkan hasil pertanian, seperi cabai, tomat, jagung dan lain sebagainya. 


"Insya Allah, Progul Satu Nagari Satu Event yang tahun 2022 dilaksanakan di 14 Nagari di 14 Kecamatan, tahun 2023 akan tetap dilanjutkan, karena Progul ini disamping mampu memberikan dampak ekonomi masyarakat, juga membangkitkan adat budaya ataupun kuliner," sampai Eka. 


Sementara itu, Camat Rambatan Ikrar Pahlepi atas nama masyarakat Rambatan menyampaikan, akan terus mendukung dan melaksanakan Progul Tanah Datar. 


"Progul Tanah Datar seperti Bajak Gratis, Satu Rumah Satu Hafiz/Hafizah, Satu Nagari Satu Event dan lainnya, sangat dirasakan manfaatnya bagi masyarakat, karena itu atas nama masyarakat Rambatan dan Pemerintah Kecamatan Rambatan, kami akan terus mendukung pelaksanaan Progul di wilayah Kecamatan Rambatan khususnya dan Tanah Datar umumnya," sampainya. 


Ikrar juga memaparkan, berbagai program inovasi dan capaian pembangunan, yang dilaksanakan di Kecamatan Rambatan Tahun 2022 dan beberapa rencana program tahun 2023.


Selanjutnya kegiatan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab, ataupun mendengar saran dari peserta dan undangan yang hadir, terhadap kelanjutan pelaksanaan pembangunan di Tanah Datar tahun 2023.


Sebelumnya, Bupati Eka Putra juga menyempatkan diri untuk meninjau aktivitas pelayanan, kondisi sarana dan prasarana Puskesmas Rambatan. (F12)