Bupati Eka Putra Buka Musda ke XII LKAAM Tanah Datar -->

Iklan Atas

Bupati Eka Putra Buka Musda ke XII LKAAM Tanah Datar

Kamis, 24 November 2022

Foto bersama setelah pembukaan Musda ke XII LKAAM Tanah Datar, di Gedung Nasional Batusangkar, Kamis (24/11) 

 

Tanah Datar, fajarsumbar.com - Bupati Tanah Datar Eka Putra, SE. MM, membuka secara resmi Musyawarah Daerah (Musda) ke XII Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) Kabupaten Tanah Datar, yang bertempat di Gedung Nasional Maha Rajo Dirajo Batusangkar, Kamis (24/11/22). 


Bupati Eka sebagai pucuk undang berharap Musda XII LKAAM Tanah Datar berjalan lancar dan aman, menghasilkan keputusan secara bermusyawarah, bersama semangat demokratis yang tinggi. 


"Keputusan-keputusan yang baik dalam Musda ini, bahwa ke depan kelembagaan LKAAM dan Kerapatan Adat Nagari (KAN) mampu menjadi inovator serta motivator dalam melestarikan keberadaan adat dan budaya di luhak nan tuo ini," ujar Bupati. 


Bupati juga katakan, LKAAM tidak lepas dari peranan ninik mamak sebagai pemangku adat di Nagari, sesuai Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Tanah Datar nomor 4 tahun 2008 tentang Nagari. 


Bupati tambahkan, perkembangan teknologi yang disalahgunakan, berdampak pada perilaku generasi muda saat ini. Dari sanalah, muncul permasalahan bagi tatanan kehidupan masyarakat, terutama dalam bidang adat dan budaya. 


"Peran LKAAM sangat kita harapkan dalam merangkul anak kamanakan, untuk kembalinya tatanan adat serta budaya yang luhur, melalui musyawarah dan mufakat, bajanjang naik batanggo turun," ujar Eka Putra. 


Sementara itu, Ketua Umum LKAAM Sumatera Barat Fauzi Bahar Dt. Nan Sati sampaikan, Musda ke XII ini agar menghasilkan pimpinan LKAAM Tanah Datar, yang mampu membawa masyarakat ke arah lebih baik. 


"Musda ke XII LKAAM Tanah Datar dilahirkan secara musyawarah dan mufakat, sebagai ciri masyarakat Minangkabau itu sendiri. Pepatah mengatakan bulek aia dek pambuluah, bulek kato dek mupakaik, nan bulek samo kito golongkan, nan picak samo kito layangkan," ujar Fauzi Bahar. 


Sebelumnya, Pengganti Antar Waktu (PAW) Ketua LKAAM Tanah Datar Arisno Dt. Andomo katakan, selama 1 tahun 6 bulan Ia menjabat, LKAAM Tanah Datar terus berupaya berbenah, sebagaimana fungsi LKAAM di tengah-tengah masyarakat. 


"Siapapun yang akan mengemban amanah sebagai Ketua LKAAM Tanah Datar, hendaknya terus menjaga kekompakan yang sudah terjalin selama ini. Mudah-mudahan LKAAM Tanah Datar terus membawa kebaikan bagi masyarakat," ujar Arisno Dt. Andomo. 


Sedangkan, Ketua Panitia Pelaksana Hardi Siswan Dt. Marah Bangso mengatakan, tujuan pelaksanaan Musda XII LKAAM Tanah Datar, untuk memilih kepengurusan LKAAM periode 2022 - 2027. 


"Jumlah peserta yang hadir saat ini, sebanyak 297 orang. Terdiri dari Pengurus LKAAM Tanah Datar, Ketua LKAAM Kecamatan, KAN se Tanah Datar dan undangan lainnya," ujar Hardi Siswan. 


Hadir pada saat itu Forkopimda, Bupati Tanah Datar periode 2005-2015 M. Shadiq Pasadiqoe, Wakil Bupati dan Bupati Tanah Datar sisa masa jabatan periode 2015-2021 Zuldafri Darma, Kepala Dinas PMDPPKB Tanah Datar Nofenril, Camat se Tanah Datar dan tamu undangan lainnya. (F12)