Capaian UHC Kota Padang Panjang Tertinggi di Sumbar -->

Iklan Atas

Capaian UHC Kota Padang Panjang Tertinggi di Sumbar

Rabu, 23 November 2022
Syahdanur bersama petugas kesehatan memperlihatkan piagam penghargaan yang diraih dari Pemprov Sumbar.


Padang Panjang, fajarsumbar.com - Pemerintah Kota Padang Panjang menerima penghargaan dari Pemprov Sumbar atas capaian tertinggi Universal Health Coverage (UHC). 


UHC adalah program perlindungan atau jaminan kesehatan bagi masyarakat.


Penghargaan diserhkan Wakil Gubernur Sumbar, Dr. Ir. Audy Joinaldy, S.Pt, M.Sc, M.M, IPM, ASEAN.Eng kepada Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setdako, Syahdanur, S, mewakili walikota di Padang, Selasa (22/11).


“Alhamdulillah kita menerima penghargaan capaian UHC tertinggi di Sumbar tahun 2022. Padang Panjang berkomitmen untuk tetap memberikan jaminan kesehatan kepada masyarakat. Ini merupakan program unggulan di bidang kesehatan sejak 2019 lalu,” kata Syahdanur.


Tujuh kabupaten dan kota lain juga menerima penghargaan. Di antaranya Kota Sawahlunto, Kota Pariaman, Kota Solok, Kota Payakumbuh, Kabupaten Pasaman, Kabupaten Kepulauan Mentawai dan Kota Padang. 


Dari semua daerah itu, Kota Padang Panjang merupakan capaian tertinggi dengan persentase sebesar 99,46%.


“Kita sudah melindungi masyarakat kita dengan program Jaminan Kesehatan Nasional sebanyak 99,46%. Di mana sebanyak 60.120 jiwa yang sudah jadi peserta JKN dari total 60.449 jiwa jumlah penduduk kita,”  kata Kadis  Kesehatan, dr. Faizah yang turut menghadiri penerimaan penghargaan tersebut.


Selain  Faizah, juga dihadiri Kepala Bidang Kesmas & P2P, Rahmaisa, SKM, Kabid Penunjang RSUD, Herki Toni, SKM, MARS dan Subkor Keperawatan, Ns. Rika Roza, M.Kep serta kepala Puskesmas se-Padang Panjang.(syam)