Cuaca Ekstrem Diperkirakan Hingga Akhir November -->

Cuaca Ekstrem Diperkirakan Hingga Akhir November

Minggu, 20 November 2022

 

Cuaca eksteim. (ilustrasi).

Padang Panjang, fajarsumbar.com -  Cuaca ekstrem yang melanda Padang Panjang dan sekitarnya sejak sepekan terakhir diperkirakan akan berlangsung hingga akhir bulan ini. 

Intensitas hujan dikategorikan dalam kategori sedang.


Kota Padang Panjang karakteristiknya berbeda dari daerah pesisir barat.  


Berdasarkan data terakhir hujan sering terjadi namun masih dalam kategori sedang.


“Di Padang Panjang hujan masih berkisar di antara 50 sampai 70 ml dalam satu hari, itu masih dalam kategori sedang,” kata Kepala Seksi Observasi dan Informasi Stasiun Meteorologi Kelas ll Minangkabau, Padang Pariaman, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Yudha Nugraha, S.Si, Sabtu (19/11) .


Intensitas hujan yang cukup tinggi terjadi di wilayah Sumbar merupakan hujan intensitas sedang hingga tinggi. Ini terjadi di bagian barat Sumbar seperti di wilayah Agam, Padang Pariaman, Padang kemudian Pesisir Selatan termasuk meluas ke area Padang Panjang bagian tengah Sumbar.


“Kita lihat penyebabnya, kita mengetahui bahwa pada bulan November ini merupakan puncak hujan tahunan di wilayah Sumbar. BMKG memprediksi hingga akhir November ini merupakan puncak hujan selama satu tahun,” jelasnya.


Untuk penyebab fenomena cuaca ekstrem, kata Yudha, ada beberapa hal. Di antaranya, pertama berdasarkan analisis suhu muka laut di perairan Samudera Hindia memang menunjukkan nilai yang lebih tinggi dan anomali yang tinggi juga akan semakin banyak dan cepat penguapan yang terjadi. 


Kedua, berdasarkan gangguan cuaca saat ini aktif di wilayah Indonesia bagian barat termasuk Sumbar. 


Dengan adanya pola tekan rendah di Barat Daya Sumatra sehingga meningkatkan daerah liputan awan, tinggi gelombang serta kecepatan angin di daerah sekitarnya. 


“Jadi kombinasi dari faktor-faktor tersebut yang meningkatkan intensitas serta durasi hujan yang terjadi di wilayah Sumbar ini cenderung lebih lama,” terangnya..


 Meskipun hujan masih dalam kategori sedang di Padang Panjang, namun ada potensi longsor yang terjadi pada daerah perbukitan, jika hujan terus menerus terjadi dan ini perlu diwaspadai. 


Begitu juga dengan intensitas angin yang berada pada angka 30 km/jam, juga akan mengakibatkan badai yang berdampak tumbanya pepohonan dan merusak rumah warga. (syam)