Dekranasda Kabupaten Solsel Tingkatkan Mutu Kerajinan dan Pelatihan -->

Dekranasda Kabupaten Solsel Tingkatkan Mutu Kerajinan dan Pelatihan

Rabu, 16 November 2022

Ketua Dekranasda Solok Selatan Ny Erniati Khairunas saat berikan sambutan . Abg


Solsel, fajarsumbar.com- Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Solok Selatan terus melakukan upaya-upaya untuk meningkatkan mutu kerajinan. Pembekalan-pembekalan dan pelatihan diberikan kepada pengurus dan para pengrajin, baik pembekalan teknis maupun pembekalan untuk menambah wawasan para pengrajin seperti persaingan usaha kerajinan.


Hal tersebut terungkap dalam Rapat Kerja Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Solok Selatan di Aula Sarantau Sasurambi, pada Rabu (16/11/2022). Selain itu, rapat kerja juga mendorong sinergitas program kegiatan Dekranasda pada Tahun 2023 nantinya.


Ketua Dekranasda Solok Selatan, Ny. Erniati Khairunas mengatakan lembaga itu kedepan akan mendorong dan melakukan pembinaan dalam rangka menumbuh kembangkan dan membangkitkan Usaha Kecil Menengah (UKM) dan Industri Kecil Menengah (IKM) di Solok Selatan.


"Kita berharap dapat meningkatkan ekonomi masyarakat melalui produk-produk kerajinan dan produk unggulan daerah, yang pada gilirannya akan kita promosikan ke tingkat yang lebih tinggi guna mendapatkan pangsa pasar yang lebih baik," kata Erniati.


Sementara Sekdakab Dr. Syamsurizaldi mengatakan dalam pelaksanaan program dan kegiatan pokok Dekranasda, diperlukan sinergitas dengan perangkat daerah terkait.


"Berkembang dewan kerajinan juga dipengaruhi oleh sinergitas dan peran aktif dari seluruh pengurus dalam menjalankan program kerja yang telah direncanakan kepengurusan Dekranasda,’’ katanya.


Pengurus Dekranasda dituntut memiliki kemampuan dan kompetensi yang membangun kreativitas dan inovasi guna mendorong industri kreatif di Solsel sehingga berdampak pada peningkatan kesejahteraan pengrajin dan pelaku UMK.


Upaya yang dilakukan adalah memaksimalkan potensi-potensi yang bisa menjadi produk kerajinan daerah unggulan sehingga bisa dipasarkan secara nasional maupun internasional. Harapannya agar kedepannya kerajinan lokal dapat menjadi tuan rumah di negara sendiri dan juga diharapkan bisa memiliki nilai manfaat baik secara ekonomi maupun peningkatan pengembangan kreativitas pengrajin daerah kabupaten Solok Selatan. 


Guna membantu peningkatan potensi- potensi yang dimiliki oleh pengurus dan pengrajin terutama dalam hal peningkatan ekonomi masyarakat, Dekranasda hadirkan seorang motivator Bapak Arlin Teguh Ardani. 


Dalam paparanya mengatakan, kerajinan lokal bukanlah semata sumber-sumber penggerak perekonomian sebuah daerah, tetapi juga merupakan kekayaan


khazanah kearifan lokal dan kreatifitas masyarakat setempat. Adanya Produk Kerajinan lokal unggulan dapat membantu meningkatkan nilai promosi daerah (city branding). Abg