Detik-detik Menegangkan Tim Gabungan Evakuasi Jenazah Tertimbun Lumpur Gempa Cianjur -->

Iklan Atas

Detik-detik Menegangkan Tim Gabungan Evakuasi Jenazah Tertimbun Lumpur Gempa Cianjur

Selasa, 22 November 2022

 

Gempa Cianjur



JAKARTA - Tim gabungan TNI-Polri berhasil menyelamatkan salah seorang jenazah yang tertimbun di Desa Cugenang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Jenazah tersebut, diketahui tertimbun usai Cianjur diguncang gempa berkekuatan 5,6 Magnitudo.


Pantauan MNC Portal di lokasi, petugas turun berjibaku mengevakuasi korban tersebut. Namun, akibat tingginya lumpur yang menggenang membuat para petugas kesulitan mengevakuasi korban.


"Bantu cangkul woi, cangkul!" teriak salah seorang petugas evakuasi, Selasa (22/11/2022) siang.


Meski telah berusaha keras para petugas kerap kesulitan mengangkat jenazah itu. Alhasil, para petugas gabungan tersebut langsung mengerahkan alat berat guna bisa mengangkat jenazah dari timbunan tanah setinggi puluhan meter,sebagaimana dikutip Okezone.com.


Adapun, para petugas berhasil menemukan jenazah tertimbun itu dikarenakan melihat sebagian kaki jenazah yang nampak keluar berbarengan dengan balik kayu yang berceceran. Sedangkan jasad yang lain, terlihat berada di bawah beton tak jauh dari jenazah sebelumnya.


Di sisi lain, jumlah penemuan korban ini menambah catatan hitam korban yang melayang akibat adanya gempa kemarin. Jenazah itu, langsung dilarikan ke rumah sakit dengan menggunakan ambulans.


Kendati demikian, para petugas belum mampu mengidentifikasi siapa korban yang meninggal. Adapun dua jenazah tersebut terdiri dari satu orang laki-laki dan satu orang perempuan.


Diketahui sebelumnya, Sebanyak 162 korban meninggal akibat Gempa 5,6 SK yang berpusat di Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur. Mayoritas kebanyakan anak-anak.


"Kabar buruk, ada sekitar 162 korban meninggal dunia, mayoritas anak-anak. Karena kejadiam terjadi ketika anak anak sedang berada di madrasah sekolah umum yang melanjutkan pembelajaran di madrasah," kata Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, di Pendopo Kabupaten Cianjur.(*)