Harga Cabai Turun, Beras Relatif Mahal -->

Harga Cabai Turun, Beras Relatif Mahal

Jumat, 04 November 2022

 

Cabai merah.

Padang Panjang, fajarsumbar.com - Secara umum sepanjang Oktober lalu, harga komoditas pangan di Padang Panjang mengalami deflasi (penurunan harga). Namun masih tetap diwaspadai terkait harga beras yang masih cukup tinggi.


Menurut Kabag Perekonomian dan Sumberdaya Alam Setdako, Putra Dewangga, S.S, M.Si, Kamis (3/11) ini terjadi mulai melimpahnya pasokan cabai di pasaran diharapkan masyarakat bisa melakukan pengolahan menjadi saos, bon cabai dan sebagainya, agar cabai bisa tahan lama dan dapat dimanfaatkan di waktu harga tinggi.


“Untuk pasokan beras, secara umum mencukupi. Baik beras kualitas 1, kualitas 2 maupun 3. Namun preferensi (kecenderungan) masyarakat Padang Panjang adalah tetap mengonsumsi beras kualitas 1 (premium). Walaupun relatif tinggi, warga tetap membelinya,” sebut Putra.


Selaku sekretaris Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Putra agar masyarakat tidak memaksakan diri. Karena juga tersedia beras kualitas 2 dan 3 dengan harga yang lebih murah dan sesungguhnya juga cukup bagus dan layak dikonsumsi.


Secara umum harga beras di Sumbar relatif tinggi. Sebagai perbandingan, di Kota Padang beras kualitas 1 dilaporkan mencapai Rp16.750 sampai dengan Rp17.750. Sedangkan di Bukittinggi mencapai Rp17.000 sampai Rp18.000.


Untuk Kota Padang Panjang ada empat komoditas dari 45 komoditas pangan strategis yang dipantau TPID, mengalami kenaikan harga dan memberikan andil pada stabilitas harga pangan. Di antaranya daging ayam broiler, daging ayam kampung kecil, sawi bola dan wortel.


Ada juga 14 komoditas mengalami penurunan harga yang mempengaruhi stabilitas harga. Di antaranya beras kualitas 1, beras kualitas 2, daging ayam kampung besar, telur ayam ras, cabai hijau, cabai rawit, cabai merah, bawang merah, bawang putih, ikan asin teri, buncis, bawang daun, terung dan seledri.


Namun ada 12 komoditas penahan inflasi terbesar pada Oktober. Seperti cabai merah, minyak goreng, cabai hijau, telur ayam ras, buncis, nangka muda, tomat, petai, udang basah, jengkol, cabai rawit dan wortel.(syam)