Hari Ini Kontingen Tinggalkan Kota Malang, Syaiful Husein; Sumbar 'Haramkan' Atlet Ikut Porwanas -->

Hari Ini Kontingen Tinggalkan Kota Malang, Syaiful Husein; Sumbar 'Haramkan' Atlet Ikut Porwanas

Minggu, 27 November 2022
Ketua Siwo PWI Sumbar, Syaiful Husein saat memimpin briefing jelang kepulangan kontingen PWI Sumbar di Hotel Pelangi, Kota Malang, Sabtu (26/11/2022).


Kota Malang, fajarsumbar.com - Koordinator Kontingen Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumbar mengharamkan mengirimkan atlet ikut Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas).


Sebab iven Porwanas itu adalah jatahnya wartawan untuk mengikuti ajang yang dilaksanakan sekali tiga tahun yang telah menjadi anggota PWI anggota biasa dan memiliki sertifikat Uji Kompetensi Wartawan (UKW). 


"Biarlah PWI provinsi lain me-wartawankan atlet, Sumbar tetap menegakkan sportivitas dengan mengirimkan peserta yang ikut di berbagai cabang olahraga, benar-benar wartawan asli bukan aspal alias asli tapi palsu," tegas Syaiful Husein saat briefing jelang kepulangan kontingen PWI Sumbar di Hotel Pelangi, Kota Malang, Sabtu (26/11/2022).


.


Briefing yang diikuti Ketua Kontingen PWI Sumbar, H. Basril Basyar, utusan dari Dispora Sumbar dan semua atlet dan official dari enam cabang yang mengikuti Porwanas XIII yang dilaksanakan di Kota Malang, 21-27 November 2022.


Menurut Syaiful yang diamini Basril Basyar dan disambut tepuk tangan oleh seluruh atlet dan official tersebut, Sumbar sejak Porwanas dimulai tidak pernah me-mewartawankan atlet. 


"Kita biarlah tampil apa adanya, yang penting murni 100 persen mereka yang tampil itu adalah benar-benar jurnalis yang telah berkutik di dunianya," tambahnya.


Penegaskan Syaiful memberi sinyal tidak bakal mengikuti langkah yang dilakukan oleh kontingen provinsi lain. Sebab masih ada peserta Porwanas dicurigai bukan wartawan, karena setelah dicek di Dewan Pers ada di antaranya yang juara tidak terdaftar di web www.dewanpers.or.id.


.


Ini jelas menciderai sportivitas yang digaung-gaungkan selama ini. 


"Tujuan awal Porwanas ini adalah ajang silaturrahmi antar anggota PWI se-Indonesia, bukan prestasi," tambahnya.


Selain itu, dia menegaskan briefing itu juga sebagai evaluasi dan membenahi apa kekurangan selama pelaksanaan iven tersebut, sehingga Porwanas XIV nanti dapat semua kekurangan tersebut dapat dibenahi.


Sementara itu, Ketua Kontingen, Basril Basyar juga mengucapkan terima kasih kepada semua atlet dari enam cabor telah berjuang sekuat tenaga dan semaksimal mungkin.


Detik-detik kontingen PWI Sumbar meninggalkan Kota Malang, kini sudah berada di Bandara Abdulrachman Saleh.


"Atas nama kontingen PWI Sumbar saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh atlet dan official PWI Sumbar telah berjuang habis-habisan, namun nasib baik belum berpihak kepada kita. Sebab saya dengar dari kawan-kawan setiap kita lolos kebabak berikut selalu ketemu tim tangguh dari PWI lain, yang jelas kita telah berjuang maksimal," tambahnya.


Menurut BB, kontingen Sumbar berada di urutan ke-19 dari 35 PWI provinsi yang mengirimkan utusannya di ajang kalangan jurnalis tersebut.


"Alhamdulillah kita dapat meraih dua medali di cabor biliard. Kita ucapkan selamat kepada saudara Yuwardi yang telah menyelamatkan muka PWI Sumbar," ujar BB yang disambut tepuk atlet dan official.


Kontingen Sumbar bakal meninggalkan Kota Malang, Minggu (27/11/2022) dengan menggunakan pesawat City Link dari Bandar Udara Abdul Rachman Saleh di Pakis, Kabupaten Malang, Jawa Timur.


Menurut rencana kontingen PWI Sumbar take off pukul 11.20 WIB dan meninggalkan hotel lebih awal, karena ada info Aremania bakal melakukan demo besar-besaran, Minggu (27/11/2022) pagi.


Aremania bakal menggelar demonstrasi besar-besaran. Mereka melakukan aksi turun ke jalan dengan tuntutan pengusutan tuntas tragedi Kanjuruhan.(ab)