Hari Pahlawan, Pemkab Muba Berikan Bantuan kepada 60 LVRI -->

Hari Pahlawan, Pemkab Muba Berikan Bantuan kepada 60 LVRI

Kamis, 10 November 2022
.


Sekayu - Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) menggelar upacara peringatan Hari Pahlawan ke-77 di halaman Kantor Bupati Musi Banyuasin, Kamis (10/11/2022). 


Upacara diikuti oleh unsur Forkopimda Kabupaten Muba, Kepala Perangkat Daerah Muba serta sejumlah undangan lainnya. 


Pada kesempatan ini turut dibacakan pesan-pesan para pahlawan Indonesia untuk mengingat dan meneladani kembali semangat juang para pahlawan. Pesan yang disampaikan pahlawan ini tentunya sangat berarti bagi para penerus bangsa. 


Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah Muba Musni Wijaya SSos MSi, bertindak sebagai inspektur upacara menyampaikan amanat Menteri Sosial RI Tri Rismaharini. 


Hari Pahlawan setiap tahun diperingati dengan renungan yang sungguh-sungguh untuk menemukan kembali jejak para pahlawan dalam hidup sebagai Bangsa dan negara merdeka.


Para pejuang kemerdekaan Indonesia secara gagah berani melawan tentara-tentara musuh yang bersenjata lengkap, tidak akan mau menyerah pada siapapun juga. Dengan hanya berbekal bambu runcing pun, para Pahlawan dengan semangat bergerak serempak menghadang musuh yang merupakan Pemenang Perang Dunia dengan persenjataan terbaiknya. Para Pejuang telah berkorban sampai tetes darah penghabisan untuk kemerdekaan.


Hari ini pun berada dalam perjuangan besar menaklukkan ancaman dan tantangan yang nyata-nyata berada di hadapan kita. Pemanasan global yang memicu beragam bencana alam, serta kelangkaan pangan, energi dan air bersih, kiranya perlu dipersiapkan dengan sungguh-sungguh. "Marilah kita bergerak bersama dan maju bersama dengan tekad untuk menang. Sekali Merdeka, Tetap Merdeka," ujarnya.


Untuk itu, harus meneruskan pengembangan dan pemanfaatan energi baru dan terbaharukan. Melakukan pengembangan sumber pangan berbasiskan potensi dan kearifan lokal, sebagai solusi pemenuhan kebutuhan pangan dan memperkuat keragaman pangan.


Lanjutnya, Peringatan Hari Pahlawan 2022 diharapkan dapat terus memberikan energi tambahan untuk menggugah kesadaran segenap elemen bangsa untuk terus bersatu dan membantu sesama tanpa memandang sekat. Janganlah kita mau untuk dipecah belah, ingatlah Seloka Bhinneka Tunggal Ika.


Mari dijadikan momentum Peringatan Hari Pahlawan untuk memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa, saling menghargai satu sama lain. Pahlawan akan menjadi teladan bagi kita mengarungi masa-masa penuh tantangan. Teladan bagi kita menata masa depan dan menjadi pemenang. Selamat Hari Pahlawan tahun 2022.


Pada kesempatan yang sama, Pemkab Muba menyerahkan bantuan kesejahteraan kepada LVRI dan janda LVRI sebanyak 60 penerima. 


Usai pelaksanaan upacara, dilanjutkan dengan ziarah dan tabur bunga dalam rangka peringatan Hari Pahlawan ke-77 tahun 2022 di Taman Makam Pahlawan Kesuma Bangsa Sekayu.(Rusdian)