Hasil Spanyol Vs Jerman Piala Dunia 2022: Imbang, Der Panzer Terancam Tersingkir -->

Hasil Spanyol Vs Jerman Piala Dunia 2022: Imbang, Der Panzer Terancam Tersingkir

Senin, 28 November 2022

Timnas Spanyol bermain imbang 1-1 melawan Jerman pada laga kedua Grup E Piala Dunia 2022 di Al Bayt Stadium, Al Khor, Qatar, Senin (28/11/2022) dini hari WIB.


AL KHOR  – Timnas Spanyol bermain imbang 1-1 melawan Jerman pada laga kedua Grup E Piala Dunia 2022 di Al Bayt Stadium, Al Khor, Qatar, Senin (28/11/2022) dini hari WIB. Hasil ini membuat Der Panzer terancam tersingkir.


Juara dunia empat kali itu duduk di dasar klasemen dengan nilai 1 dari dua laga yang sudah dijalani. Jerman di bawah Spanyol (4), Jepang (3) dan Kosta Rika (3).


Jalannya Pertandingan


Spanyol langsung tancap gas mengambil inisiatif menyerang begitu pertandingan dimulai. Mereka nyaris membuka papan skor saat laga baru berjalan enam menit, tetapi tendangan keras Dani Olmo dari luar kotak penalti bisa ditepis Manuel Neuer dan bola kemudian membentur mistar gawang, sebagaimana dikutip iNews.id.


Di sisi lain, Jerman bermain dengan pressing ketat agar La Furia Roja tak terlalu nyaman menguasai bola. Pada menit 12, mereka mendapat peluang emas lewat Serge Gnabry, yang lolos dari jebakan offside, namun tendangan mendatarnya bisa dihalau oleh Unai Simon.


Terus menekan, pada menit 22, Pasukan Luis Enrique itu nyaris memecah kebuntuan, tapi sayang tendangan jarak jauh Jordi Alba menyamping tipis di sisi kiri gawang. Dua menit berselang, gantian Gnabry menebar ancaman di lini belakang lawan dan hampir mencetak gol jika sepakan melengkungnya tak mengarah ke sisi kanan gawang.


Pada menit 34, Olmo mengirimkan umpan tarik yang sangat matang pada Ferran Torres yang bisa membawa Negeri Matador unggul. Sayangnya, tendangan bintang Barcelona itu malah melambung di atas mistar gawang.


Lima menit berselang, malah Antonio Rudiger yang berhasil menjebol gawang Spanyol dengan tandukannya yang menyambar tendangan bebas Joshua Kimmich. Namun, setelah melihat tayangan VAR, wasit menganulir gol tersebut karena bek Real Madrid itu berada dalam posisi offside.


Jual beli serangan pun terus terjadi pada menit-menit akhir babak pertama. Akan tetapi, hingga turun minum kedua tim belum ada yang bisa mencuri gol sehingga paruh pertama berakhir dengan skor kacamata.


Memasuki babak kedua, Jerman terus memberikan pressing ketat pada Spanyol, yang sangat dominan dari segi penguasaan bola. Strategi itu pun nyaris berbuah gol bagi Tim Panser setelah Unai Simon melakukan salah umpan di dekat kotak penalti pada menit 56.


Namun, bola yang kemudian direbut oleh Gundogan dan dioper ke Kimmich, yang melesatkan tendangan keras, masih bisa ditepis oleh Unai Simon. Lalu, Niclas Fullkrug menyambar sepak pojok Kimmich tetapi masih belum tepat sasaran.


Pada menit 62, La Furia Roja akhirnya berhasil memecah kebuntuan lewat Alvaro Morata. Striker Atletico Madrid itu menjebol gawang Manuel Neuer dengan sontekannya yang memanfaatkan umpan mendatar Jordi Alba.


Tak menyerah begitu saja, Jerman langsung tampil lebih menyerang begitu ketinggalan satu gol. Peluang emas pun didapat Jamal Musiala pada menit 74, namun tendangannya saat berhadapan satu lawan satu dengan Simon masih bisa diselamatkan oleh sang kiper.


Usaha juara Piala Dunia 2014 itu akhirnya membuahkan hasil pada menit 83 lewat Niclas Fullkrug. Penyerang Werder Bremen itu melepaskan tendangan roket di mulut gawang Spanyol yang tak mampu dibendung oleh Simon. 


Pada menit-menit terakhir babak kedua, Jerman terus mengepung pertahanan Negeri Matador untuk mencari gol kemenangan. Namun, sampai peluit panjang dibunyikan gol tambahan yang ditunggu tak kunjung datang sehingga pertandingan ini berakhir dengan skor imbang 1-1.


Berikut adalah susunan pemain Spanyol vs Jerman:


SPANYOL (4-3-3): Unai Simon; Dani Carvajal, Rodri, Aymeric Laporte, Jordi Alba (Alejandro Balde 82’); Sergio Busquets, Pedri Gonzales, Gav (66’)i; Ferran Torrres (Alvaro Morata 54’), Dani Olmo, Marco Asensio (Koke 66’).


Cadangan: Robert Sanchez, Cesar Azpilicueta, Eric Garcia, Pau Torres, Marcos Llorente, Alvaro Morata, Koke, Nico Williams, David Raya, Alejandro Balde, Hugo Guillamon, Yeremy Pino, Carlos Soler, Pablo Sarabia, Ansu Fati.


Pelatih: Luis Enrique.


JERMAN (4-3-3): Manuel Neuer; Niklas Sule, Thilo Kehrer (Lukas Klostermann 70’), Antonio Rudiger, David Raum (Nico Schlotterbeck 87’); Joshua Kimmich, Ilkay Gundogan (Leroy Sane 70’), Leon Goretzka; Serge Gnabry (Jonas Hofmann 85’), Jamal Musiala, Thomas Muller (Niclas Fullkrug 70’).


Cadangan: Mathias Ginter, Kai Havertz, Niclas Fullkrug, Mario Gotze, Kevin Trapp, Lukas Klostermann, Julian Brandt, Jonas Hofmann, Leroy Sane, Christian Gunter, Marc-Andre Ter Stegen, Nico Schlotterbeck, Karim Adeyemi, Armel Bella-Kotchap, Youssoufa Moukoko.


Pelatih: Hansi Flick.