Hujan Lebat Picu Tanah Longsor, Seorang Perempuan Tewas dan 10 Lainnya Hilang -->

Hujan Lebat Picu Tanah Longsor, Seorang Perempuan Tewas dan 10 Lainnya Hilang

Minggu, 27 November 2022

Tanah longsor melanda bangunan-bangunan di Pulau Ischia, Italia selatan.



MILAN Tanah longsor melanda bangunan-bangunan di Pulau Ischia, Italia selatan, Sabtu (26/11/2022). Seorang perempuan tewas dan 10 lainnya hilang


Wali Kota Naples, Claudio Palomba, dalam konferensi pers mengatakan, hujan deras melanda Pelabuhan Casamicciola Terme, salah satu dari enam kota kecil di pulau itu. Hujan deras itu memicu banjir dan merobohkan bangunan, sebagaimana dikutip iNews.id.


"Saat ini korban tewas yang dikonfirmasi adalah satu, seorang perempuan. Delapan orang hilang telah ditemukan, termasuk seorang anak, dan masih ada sekitar 10 orang yang hilang," katanya. 


Dia menambahkan, sekitar 100 orang tinggal di dekat daerah longsor telah dievakuasi.


Menteri Infrastruktur Matteo Salvini sebelumnya melaporkan delapan orang tewas.


Pemadam kebakaran Italia di Twitternya mengatakan, sekitar 70 petugas pemadam kebakaran sedang bekerja di pulau itu, yang terletak sekitar 30 km dari Naples. Mereka berupaya menyelamatkan penduduk dari bangunan yang rusak dan mencari orang hilang.


Gambar menunjukkan lumpur tebal, puing-puing, dan bebatuan di Casamicciola Terme. Beberapa mobil terendam di garis pantai, tampaknya badai mendorongnya ke laut.


"Ada beberapa kesulitan dalam operasi penyelamatan karena kondisi cuaca masih sulit," kata Menteri Dalam Negeri Matteo Piantedosi kepada wartawan di Roma.


Ischia merupakan pulau vulkanik yang menarik pengunjung ke pemandian air panas dan garis pantai berbukit yang indah. Kota ini berpenduduk padat. 


Badan Statistik menunjukkan kota ini memiliki banyak rumah yang dibangun secara ilegal. Hal itu menempatkan penduduknya dalam risiko permanen akibat banjir dan gempa bumi.


Perdana Menteri Giorgia Meloni mengatakan dia terus berkomunikasi dengan Menteri Perlindungan Sipil, Nello Musumeci, Departemen Perlindungan Sipil dan Daerah Campania setempat.


"Pemerintah terus bersama warga dan wali kota di Pulau Ischia. Pemerintah berterima kasih kepada tim penyelamat yang terlibat dalam pencarian korban hilang," katanya.(*)