Ini Dia Penampakan Gerhana Bulan Total 8 November 2022 -->

Iklan Atas

Ini Dia Penampakan Gerhana Bulan Total 8 November 2022

Selasa, 08 November 2022

Gerhana bulan 

Jakarta - Gerhana Bulan Total yang berlangsung hari ini telah menarik perhatian masyarakat Indonesia, sebab bisa disaksikan secara langsung dengan mata telanjang.


Foto di atas, merupakan penampakan dari Gerhana Bulan Total pada Selasa (8/11/2022). Ini diambil dari tangkapan layar akun YouTube Info BMKG.


Pihak BMKG sendiri, menyediakan sejumlah siaran langsung fenomena Gerhana Bulan Total dari berbagai titik, foto ini merupakan pengamatan dari Pantai Purirano, Kendari, Sulawesi Tenggara, sebagaimana dikutip Okezone.com.


Berdasarkan foto, Bulan tampak berwarna coklat kemerahan, hal ini akibat pengaruh dari udara sekitar pengamatan yang menghamburkan cahaya.


Sementar itu, jika lokasi Anda cuaca tidak mendukung untuk melihat Gerhana Bulan Total, BMKG dan BRIN telah menyediakan alternatif link yang bisa diakses masyarakat Indonesia secara gratis.


Link yang pertama adalah https://gerhana.bmkg.go.id/livestream. Di sini BMKG menyediakan beberapa tayangan live streaming dari berbagai daerah di Indonesia.


Sementara link kedua adalah https://youtu.be/2G-GVFrZqLk. Untuk link ini BRIN menyiarkannya secara langsung dari Kabupaten Biak Numfor, Papua.


Gerhana Bulan Total yang dapat teramati di Indonesia untuk satu dekade berikutnya akan terjadi pada 8 September 2025, 3 Maret 2026, Malam Tahun Baru 2029, 21 Desember 2029, 25 April 2032 dan 18 Oktober 2032.(*)