Inspektorat Padang Panjang Diakui Sebagai Miniatur BPKB Perwakilan Sumbar -->

Iklan Atas

Inspektorat Padang Panjang Diakui Sebagai Miniatur BPKB Perwakilan Sumbar

Sabtu, 19 November 2022
Inspektur Dr. Syahrir ketika menerima hasil evaluasi dari Kepala Perwakilan BPKP Sumbar.


Padang Panjang, fajarsumbar.com  - Inspektorat Kota Padang Panjang diakui Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Sumatra Barat sebagai miniatur BPKP di Sumbar.


Hal tersebut dikatakan Kepala Perwakilan BPKP Sumbar, Dessy Adin, M.M, M.Si, CA, CGCAE ketika  memberikan hasil evaluasi penerapan Jabatan Fungsional Auditor (JFA) kepada Inspektur, Dr. Syahril, M.H, CGCAE, di Padang, Jumat (18/11).


Pada evaluasi penerapan JFA Tahun 2022  Kota Padang Panjang meraih predikat "Baik" dengan nilai 79,14. Ini merupakan satu-satunya yang meraih predikat baik dalam evaluasi JFA yang dilakukan BPKP Sumbar.


"Kami memberikan apresiasi yang tinggi kepada Inspektorat Padang Panjang atas predikat baiknya dalam JFA. Ini merupakan satu-satunya kabupaten/kota yang berpredikat ‘Baik’," ujarnya.


Ia juga menyampaikan, Inspektorat Padang Panjang sudah bisa menjadi contoh untuk kabupaten/kota lain. Dengan posisi auditor sekarang yang sudah bisa dikatakan menjadi pemberi saran yang terpercaya (trusted advisory).


Dalam evaluasi JFA ini, BPKP memiliki beberapa indikator yang dinilai. Di antaranya manajemen karir auditor, manajemen kinerja auditor, pengembangan kompetensi auditor dan pengadaan auditor.


"Inspektorat ini sedikit banyaknya sudah membantu tugas BPKP di Kota Padang Panjang dalam pencapaian tujuan pemerintah. Dan, bisa memberikan jasa konsultasi yang dibutuhkan OPD. Sehingga tata kelola pemerintah bisa bagus. Di mana bisa menjadi mata telinga walikota dalam permasalahan yang dihadapi," jelasnya lagi.


Ia berharap kepada kabupaten/kota lain juga bisa mencontoh Kota Padang Panjang. Di mana Inspektorat tidak hanya sebagai katalisator namun juga menjadi pengawal dalam tujuan pemerintah sehingga efektif dan efisien.


Sementara Syahril mengucapkan terima kasih atas nama Pemerintah Kota kepada BPKP yang sudah memberikan pembinaan kepada Inspektorat Padang Panjang.


"Dengan diraihnya penilaian dengan predikat ‘Baik’ ini, maka setiap OPD yang ada di Kota Padang Panjang bisa yakin dan percaya bahwa Inspektorat bisa membantu dan mendampingi OPD dalam menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang ada di OPD," tuturnya. 


Prestasi ini menyusul prestasi sebelumnya yang diraih Inspektorat dalam penilaian Kapabilitas APIP yang telah mencapai level tiga yang juga setara dengan capaian BPKP Perwakilan Sumbar. (syam)