Jelang Porkot Sawahlunto 2022, Ketum KONI Muryanto; Perlunya Pembinaan Atlet Berprestasi -->

Jelang Porkot Sawahlunto 2022, Ketum KONI Muryanto; Perlunya Pembinaan Atlet Berprestasi

Selasa, 08 November 2022
Muryanto


Sawahlunto, fajarsumbar.com - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Sawahlunto segera menggelar Pekan Olahraga Kota (Porkot) yang dijadwalkan berlangsung pada 12 hingga 15 November 2022 mendatang untuk menjaring atlet potensial guna memperbaiki dan meningkatkan prestasi menuju lebih baik lagi. 


Ajang Porkot Sawahlunto 2022 dengan maskot resmi 'Gajah Kandi' ini dipersiapkan untuk atlet-atlet menghadapi Pekan Olahraga Provinsi, PON hingga iven-iven lainnya yang dapat memperbaiki peringkat dan membawa nama harum Kota Sawahlunto dikancah Nasional maupun Internasional. 


Ketua Umum KONI Kota Sawahlunto Kapten Inf (Purn) Muryanto menyampaikan bahwa dalam mempersiapkan dan melahirkan atlet-atlet terlatih di Kota Sawahlunto tidak semudah membalikkan telapak tangan. 


"Ini perlu pembinaan, bagaimana kita bisa mempersiapkan atlet-atlet yang terampil, bagus tanpa adanya peralatan untuk latihan dan sarana prasarana yang memadai. Selanjutnya juga dengan memberikan perhatian kepada atlet-atlet dengan memberikan reward atas pencapaian prestasi yang telah mereka ukir," ungkap Ketum Muryanto saat disambangi di kantornya, Selasa (8/11/2022).


Dengan perhatian khusus, kata Muryanto, akan memberi semangat baru kepada atlet-atlet sekaligus memberikan motivasi agar dapat meningkatkan prestasi menuju yang lebih baik lagi. "Perhatian khusus dari pemerintah termasuk dari bapak ibu perwakilan kita di Dewan. Tanpa adanya peralatan yang memadai dan sarana prasarana, semuanya omong kosong," sambung mantan Angkatan Darat tersebut. 


Dijelaskan Muryanto, dalam mempersiapkan atlet-atlet berbakat juga diperlukan anggaran yang memadai karena para atlet tersebut juga membutuhkan asupan vitamin cukup dalam menjaga performanya. 


"Karena atlet-atlet yang mempunyai prestasi, kemana pun mereka melanjutkan sekolah, InsyaAllah akan menjadi prioritas, seperti ke TNI-Polri dan sekolah-sekolah kedinasan hingga kampus-kampus ternama di Indonesia. Dengan prestasi anak-anak tersebut akan  mulus untuk melanjutkan pendidikannya dengan memanfaatkan jalur khusus. Tidak akan  rugi itu," sambung Muryanto menjelaskan. 


Senada, Sekretaris Umum KONI Sawahlunto Hendri Febriyudi juga mengatakan bahwa untuk atlet-atlet yang meraih medali emas, perak maupun perunggu dalam ajang Porkot Sawahlunto 2022 ini akan diberikan piagam yang dapat menunjang dan menjadi pertimbangan untuk sekolah dalam penerimaan murid baru di sekolah-sekolah unggulan. 


"Sarana dan prasarana juga perlu di persiapkan untuk menunjang percepatan pengembangan atlet-atlet. Dari 15 cabang olahraga yang mengikuti Porkot ini, kita masih menumpang fasilitas untuk venue pertandingannya. Semoga kedepannya, kita dapat fasilitas yang lebih representatif untuk menunjang bakat atlet-atlet Sawahlunto," pungkasnya didampingi Kabid Humas KONI Sawahlunto Zulfiadi. (ton)