Kabupaten Tanah Datar Jalin Kerjasama Dengan Kabupaten Sarolangun dan Bungo -->

Iklan Atas

Kabupaten Tanah Datar Jalin Kerjasama Dengan Kabupaten Sarolangun dan Bungo

Jumat, 04 November 2022

Bupati Tanah Datar dengan Bupati Sarolangun dan Bungo setelah penandatanganan kerjasama, Jum'at (4/11) 

 

Tanah Datar, fajarsumbar.com - Pemerintah Kabupaten Tanah Datar Sumatera Barat bersama Pemerintah Kabupaten Bungo dan Kabupaten Sarolangun Provinsi Jambi, melakukan Penandatanganan Nota Kesepakatan, di Aula Kantor Bupati di Pagaruyung, Jum'at (4/11/22)


Kesepakatan ditandai dengan penandatangan langsung oleh Bupati Tanah Datar Eka Putra, Bupati Bungo Mashuri dan Pj. Bupati Sarolangun Henrizal, dilanjutkan dengan penandatanganan perjanjian kerjasama, antara Kepala OPD masing-masing Kabupaten. 


Adapun kerjasama yang ditandatangani adalah, antara Dinas Pertanian Tanah Datar dengan Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan Kabupaten Sarolangun, tentang fasilitasi pendampingan, budidaya dan pemasaran komoditi pertanian. 


Kemudian Dinas Pertanian Tanah Datar dengan Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Bungo tentang Fasilitasi Informasi Ketersediaan Pakan Ternak, Ayam Petelur dan Telur Ayam Ras. 


Selanjutnya Dinas Pertanian Tanah Datar dengan Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan Kabupaten Bungo tentang Fasilitasi, pendampingan, budidaya dan pemasaran komoditi pertanian. Terakhir Dinas Pangan dan Perikanan Kabupaten Tanah Datar dengan Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Bungo tentang Ketersediaan Informasi Pangan. 


Bupati Eka Putra mengatakan, Kabupaten Tanah Datar memang mengandalkan sektor pertanian, disamping sektor pariwisata sebagai sektor utama dalam pembangunan daerah. 


"Di sektor pertanian, Tanah Datar menjadi produsen cabai, tomat, bawang merah dan beberapa hasil sayuran lainnya, yang mampu mengendalikan inflasi daerah, sehingga memperoleh penghargaan Terbaik I di Wilayah Sumatera pada TPID Award tahun 2021," sampai Eka Putra. 


Dikatakan Eka lagi, Pemerintah Daerah saat ini sangat serius dalam memajukan sektor pertanian, ini ditandai dari 10 Program Unggulan (Progul) Tanah Datar, 3 Progul diantara di sektor pertanian. Sedangkan di sektor Pariwisata, Tanah Datar memiliki 152 potensi destinasi wisata untuk dikunjungi. 


Karena itu Bupati Eka berharap, ke depan tidak hanya sektor pertanian, namun sektor pariwisata ataupun sektor lainnya, bisa dilaksanakan kerjasama antara Tanah Datar dengan Sarolangun ataupun dengan Bungo. 


Sebelumnya, Pj. Bupati Sarolangun Hendrizal menyampaikan ucapan dan ungkapan terima kasih, atas sambutan dan fasilitasi kepada ia bersama rombongan. "Terima kasih atas sambutan dan fasilitasinya, khusus kepada pak Bupati yang berkenan langsung menyambut kami," sampainya. 


Disampaikan Henrizal, Kabupaten Sarolangun merupakan daerah perkebunan dan pertambangan, sehingga kebutuhan masyarakat untuk cabai, tomat, bawang merah dan sayuran lainnya didatangkan dari luar daerah. Ia juga berharap kerjasama kedua daerah tidak hanya sektor pertanian, namun juga sektor pariwisata ataupun sektor lainnya.


"Karena itu, tentunya besarnya harapan kami dengan kerjasama ini ke depan, kebutuhan masyarakat di Sarolangun juga bisa dipasok atau didatangkan dari Tanah Datar," sampai Henrizal.


Hal sama disampaikan Bupati Bungo Mashuri, disamping ucapan dan ungkapan terima kasih atas sambutan, ia berharap kerjasama sektor lainnya bisa dilaksanakan. 


"Semoga jalinan silaturahmi dan kerjasama bisa berjalan dengan baik sehingga mampu memberikan manfaat bagi kedua daerah dan juga masyarakat. Tentunya hal ini juga butuh penanganan dan tindaklanjut serius OPD terkait antara kedua daerah," tukas Mashuri. (F12)