KAN Lubuk Basung Baralek Gadang -->

KAN Lubuk Basung Baralek Gadang

Jumat, 11 November 2022

Ketua KAN Nagari Lubuk Basung Ir.Novi Endri DT. Simarajo didampingi Sekretaris Syahmendra Dt Mulia Basa dan Bendahara R.M Dt Batungkek

Lubuk Basung, fajarsumbar. com -
Kerapatan Adat Nagari (KAN) Lubuk Basung baralek gadang mengukuhkan pengurus baru periode 2022 - 2025 yang terpilih dalam musyawarah mufakat pada rapat paripurna Sabtu 22 Oktober yang lalu  di balairiung KAN nagari tersebut.

Sehari menjelang pengangkatan terlihat halaman kantor KAN sudah dipenuhi karangan bunga sebagai ucapan dan dukungan dari sanak dan kemenakan, maupun kerabat di Nagari  Lubuk Basung.


Ir. Novi Endri.M.Sc Dt. Simarajo ketua terpilih  yang ditinggikan sarantiang, didahulukan salangkah mengatakan,
Alek pengukuhan ini adalah bukti kebersamaan Ninik mamak sebagai pemangku adat dinagari, bersama sanak kemenakan dalam membangun, menjaga, dan memajukan nagari kedepan.


"Alek pengukuhan Pati ambalau pengurus KAN Nagari Lubuk Basung merupakan sebuah kebersamaan Ninik mamak beserta kaum dan masyarakatnya dalam menjaga dan melestarikan nilai - nilai adat yang ada.

Nantinya dengan telah dikukuhkan pengurus KAN, KAN memiliki legitimasi dan keabsahan sebagai lembaga masyarakat dalam bidang pelestarian adat dan budaya," katanya


Lebih lanjut DT. Simarajo menjelaskan, Ada tiga fungsi KAN yang harus dijalani  yaitu pertama harus berupaya untuk melakukan penguatan prinsip dasar dan sinkronisasi tata laksana adat dan struktur  limbago di Nagari Lubuk Basung.


Kedua, berupaya mengoptimalkan posisi KAN bersama dengan perangkat adat lainnya dalam menyelesaikan perselisihan yang menyangkut hukum adat, adat istiadat, dan sosial budaya.


Ketiga, berupaya untuk membangun dan memperkuat kesepahaman antara KAN dengan segenap jajaran pemerintahan, mulai dari tingkat Nagari sampai ke  tingkat Kabupaten." Ucapnya(Yanto)