Kelompok Bersenjata Culik 130 Orang di Nigeria, Bawa Wanita hingga Anak-Anak -->

Iklan Atas

Kelompok Bersenjata Culik 130 Orang di Nigeria, Bawa Wanita hingga Anak-Anak

Selasa, 22 November 2022

Kelompok bersenjata culik 130 orang di Nigeria 


NIGERIA - Setidaknya 130 orang telah diculik oleh orang-orang bersenjata di negara bagian Zamfara, barat laut Nigeria.


Ibrahim Dosara, komisaris informasi negara bagian itu, mengatakan orang-orang bersenjata dengan sepeda motor menyerbu dua daerah yang membawa wanita, anak-anak dan orang tua.

Dikutip BBC, pasukan keamanan dikerahkan untuk menyelamatkan para korban.


Dosara mengatakan penculikan itu terjadi pada akhir pekan di daerah Zurmi dan Kauran-Namoda.


Orang-orang bersenjata itu menggunakan para korban sebagai "perisai manusia" karena "pemboman berat" yang sedang berlangsung di tempat persembunyian mereka.


Beberapa laporan mengatakan orang yang diculik adalah buruh tani yang sibuk selama musim panen, dan sebagaimana juga dikutip Okezone.com.


Di beberapa daerah di wilayah barat laut, gerombolan dilaporkan telah mengenakan pungutan kepada petani sebagai syarat agar mereka dapat memanen tanaman mereka tanpa hambatan.


Zamfara termasuk di antara beberapa negara bagian Nigeria yang bergulat dengan penculikan untuk mendapatkan uang tebusan.


Upaya pemerintah Nigeria untuk mengakhiri ketidakamanan di wilayah tersebut sebagian besar gagal. Keluarga korban penculikan sering mengabaikan nasihat resmi dan membayar uang tebusan sesuai permintaan.


Ketidakamanan adalah salah satu masalah kampanye utama menjelang pemilihan umum Nigeria yang digelar pada Februari tahun depan ketika pengganti Presiden Muhammadu Buhari akan dipilih.(*)