Kepala Kankemenag Bergabung Dengan Wali Kota Payakumbuh Meriahkan HGN Ke 77 Tahun 2022 -->

Kepala Kankemenag Bergabung Dengan Wali Kota Payakumbuh Meriahkan HGN Ke 77 Tahun 2022

Minggu, 27 November 2022
.


Payakumbuh, fajarsumbar.com - Ribuan guru di Kota Payakumbuh berkumpul di Medan Nan Bapaneh, Minggu (27/11/2022) untuk mengikuti gerak jalan sehat dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) yang ke-77 dan Hari Guru Nasional (HGN) tahun 2022.


Gerak jalan sehat ini dilepas secara resmi Penjabat Wali Kita Payakumbuh, Rida Ananda didampingi Kepala Dinas Pendidikan, Dasril. Kepala Kankemenag, Joben diwakili Kasi PAIS, Kanapi dan Pengurus PGRi Kota Payakumbuh. Ikut mendampingi Kepala Sekolah dan madrasah negeri dan swasta, Kepala TK dan RA se Kota Payakumbuh.


Sebelumnya, Kepala Dnas Pendidikan Kota Payakumbuh, Dasril kepada media menerangkan ada sejumlah kegiatan dilaksanakan di puncak peringatan HGN di Payakumbuh.


"Pada hari ini kita laksanakan Gerak jalan Sehat PGRI yang diikuti peserta 2000 guru se Kota Payakumbuh star dan finish Medan Nan Bapaneh Ngalau Indah Payakumbuh mulai pukul 07.00 pagi. Selanjutnya, pawai Gebyar Pendidikan Nonformal Payakumbuh 2022. Star di Lapangan Kubu Gadang Payakumbuh pukul 08.00 dan Finish Medan Nan Bapaneh Ngalau Indah pukul 09.30  peserta 15 mobil hias dan Satuan Pendidikan Non Formal dengan warga belajar Paket A,B dan C serta PAUD sekitar 500 orang,"terang Dasril.


Dari laporan panitia pelaksana, pada hari ini dilangsungkan pertandingan semifinal badminton Tunggal putri Kota Payakumbuh berhadapan dengan Kota Padang. Ganda putra Kota Payakumbuh menunggu pemenang Padang Pariaman lawan Padang Panjang. Sementara, Tunggal putra Kota Payakumbuh berhadapan dengan Kabupaten Limapuluh Kota. Dan Ganda putri Kota Payakumbuh berhadapan dengan Kabupaten Agam. Mohon doa dan dukungannya, semoga Kota Payakumbuh menjadi yang terbaik,"pungkas Dasril.


Di Lokasi yang sama, Kepala Kankemenag Kota Payakumbuh melalui Kasi PAIS, Kanapi mengapresiasi semangat dan soliditas guru di Kota Payakumbuh dalam menyemarakkan dan menyukseskan HGN Ke 77 tahun 2022 di Kota Payakumbuh.


"Semangat para guru yang tergabungbdalam PGRI Kota Payakumbuh patut diacungi jempol. Semuanya ikut berkonstribusi dalam menyemarakkan dan menyukseskan HGN di Payakumbuh, termasuk guru di madrasah negeri/swasta dan RA jajaran Kankemenag Kota Payakumbuh. Kita mrwajibkan semua guru di jajaran Kankemenag Kota Payakumbuh untuk menyukseskan HGN, tampa terkecuali. Teruslah semangat dalam mencerdaskan generasi penerus yang berkarakter dan berakhlak mulia,"sebut Kanapi.


Sebelum mengangkat bendera star tanda dimulainya gerak jalan sehat ini, Wali Kota Payakumbuh Rida Ananda mengatakan, Momentum HGN dan HUT PGRI ke 77 harus diisi dengan berbagai kegiatan yang bermanfaat sebagai bentuk kebanggaan akan jasa para guru.


”Semoga seluruh kegiatan di HUT PGRI ini mampu membuat kita selalu bersemangat menjadi bagian dari keluarga besar PGRI di Payakumbuh. Dan semoga para guru semakin termotivasi dalam baktinya mencerdaskan anak-anak kita,” kata Rida.


Selain itu, Rida menyampaikan apresiasi kegiatan ini, karena selain berolahraga juga bisa saling bersilaturami bersama kerabat sesama tenaga pendidik.


“Sehat itu mahal, maka dari itu melalui kegiatan ini kami mengajak kita semua untuk selalu hidup sehat, menjaga stamina tubuh dengan berolahraga, bukan saja sehat jasmani namun dengan bersilaturahmi juga dapat menyehatkan rohani kita,” ujarnya.


“Selamat Hari Guru Nasional Tahun 2022. Teruslah berinovasi mendidik generasi muda bangsa kita,” tutupnya.


Ketua panitia HUT PGRI di Kota Payakumbuh, Ananda Putra kepada media menjelaskan bahwa peserta gerak jalan sehat ini akan menempuh rute, star di  Ngalau Indah lanjut ke Simpang DPRD Payakumbuh, terus ke arah Payolansek, terus ke Simpang Terminal dan finis di Ngalau Indah.


“Kita (panitia-red) menyediakan doorprize menarik. Ada kulkas, mesin cuci, sepeda dan masih banyak lagim Kami berharap dengan semangat yang tinggi di HGN Dan HUT PGRI ini, para guru di Payakumbuh ini akan terus melahirkan generasi muda yang terampil, berahlak, berkarakter dan berkualitas,” pungkasnya.(ul)