KPN Balai Kota Sosialisasikan Pembiayaan Syariah -->

KPN Balai Kota Sosialisasikan Pembiayaan Syariah

Minggu, 20 November 2022
Sosialisasi pembiayaan syariah dari KPN Syariah Balaikota Padang Panjang.


Padang Panjang, fajarsumbar.com  - Guna meningkatkan pemahaman konsep pembiayaan syariah kepada anggota, KPN Syariah Balaikota Padang Panjang mengadakan Sosialisasi Pembiayaan Koperasi Syariah, Sabtu (19/11). 


Sosialisasi yang dilaksanakan bertempat di Aula UPTD Konservasi dan Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan yang berada di Desa Apar, Kecamatan Pariaman Utara dibuka Wakil Ketua KPN Syariah, Istopet, S H. 


Kedatangan peserta  disambut Kepala UPTD Konservasi dan Pengawasan SDKB, Lastri Mulyanti, S.Pi, M.Si, yang menjelaskan tentang tugas dan fungsi dari UPTD yang dipimpinnya sekaligus mengajak peserta turut dalam langkah pelestarian satwa langka seperti halnya penyu. 


Bertindak sebagai narasumber dalam kegiatan sosialisasi ini Kepala PKP RI Sumbar, Hadi Suryadi, S.H dan Pengawas Koperasi Syariah, Ustaz Riko Yuzi Putra, Lc. 


Hadi Suryadi menekankan pentingnya anggota  meningkatkan kepedulian dalam usaha mengembangkan koperasi. 


"Janganlah kita lebih sering memberikan keuntungan kepada pihak lain, saat kita membutuhkan pembiayaan, prioritaskan untuk lebih mengajukan ke koperasi kita," tambah Hadi. 


Ktanya koperasi memiliki konsep dari kita untuk kita. Jika iyuran dan keuntungan yang diberikan ke koperasi besar, maka besar pulalah Sisa Hasil Usaha yang  didapatkan. 


"Saya yakin, jika pengawas, pengurus dan anggota saling menguatkan, maka perkembangan dan kemajuan KPN Syariah Balai Kota akan lebih baik lagi," imbuhnya. 


Sementara itu Ustaz Riko memberikan materi tentang konsep-konsep pembiayaan yang bisa diterapkan dalam koperasi syariah. Dengan beragam skema pembiayaan berprinsip syariah ini, maka diharapkan akad pembiayaan yang dilakukan sesuai syariat Islam dan nilai keberkahan yang diharapkan dapat terwujud. 


"Dengan menerapkan prinsip syariah secara utuh dan menyeluruh, maka nilai kebaikan dan keberkahan dalam mekanisme pembiayaan di koperasi syariah dapat diraih," jelasnya. (syam