Mantan PM Pakistan Imran Khan Ditembak, Salah Satu Pelaku Dinyatakan Tewas -->

Mantan PM Pakistan Imran Khan Ditembak, Salah Satu Pelaku Dinyatakan Tewas

Jumat, 04 November 2022

Salah satu pelaku penembakan mantan PM Pakistan Imran Khan dinyatakan tewas 


PAKISTAN - Salah satu pelaku penembakan mantan Perdana Menteri Pakistan, Imran Khan, dinyatakan tewas setelah ditembak oleh aparat kepolisian setempat usai melakukan aksinya. Sementara itu, pelaku lainnya yang ikut terlibat berhasil diamankan pihak kepolisian.


“Pelaku kedua telah digiring ke kantor polisi,” kata salah satu pendukung Khan, Raoof Hassan, dilansir dari AFP, pada Kamis (3/11/2022).


Khan ditembak saat memimpin konvoi ribuan orang yang dimulai pekan lalu, dari Lahore menuju ibu kota Islamabad. Konvoi itu dimaksudkan untuk menekan pemerintah federal Pakistan agar menggelar pemilu lebih cepat, sebagaimana dikutip Okezone.com.


Ia berhasil selamat setelah kaki kanannya terkena tembakan yang dilakukan oleh pelaku ke arah truk kontainer yang ditumpanginya. Truk tersebut melaju perlahan di tengah kerumunan orang di Wazirabad, yang berjarak 170 kilometer sebelah timur Islamabad. Saat ini, Khan dirawat di rumah sakit dan dilaporkan stabil.


“Itu jelas merupakan upaya pembunuhan. Khan tertembak tapi dia stabil. Ada banyak pendarahan," kata Wakil Presiden Senior PTI Fawad Chaudhry kepada Reuters.


Serangan bersenjata yang diduga didalangi seorang pria bersenjata itu, menewaskan sedikitnya satu orang dan melukai 10 orang lainnya termasuk mantan Gubernur Sindh, Faisal Javed. Serangan itu secara signifikan meningkatkan pertaruhan dalam krisis politik yang mencengkeram Pakistan sejak Khan dilengserkan pada April lalu.(*)