Mendikbudristek, Besok Buka Ajang Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional XVII Tahun 2022 -->

Mendikbudristek, Besok Buka Ajang Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional XVII Tahun 2022

Rabu, 16 November 2022

 

.

Padang, fajarsumbar.com - Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia (Mendikbudristek RI), Nadiem Anwar Makarim, B.A., M.B.A, direncanakan membuka ajang Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNas) XVII Tahun 2022 di Auditorium Kampus UNP Air Tawar Padang besok, Kamis (17/11/2022).


Hal ini diungkapkan Rektor UNP Prof.Ganefri, Ph.D dalam jumpa pers di Kampus UNP, Rabu (16/11/2022).

Pada kesempatan itu, tampak hadir, Ketua BAPOMI Provinsi Sumbar yang juga Wakil Rektor III UNP, Drs. Hendra Syarifuddin, M.Si, Ph.D dan Sekretari Panpel, Dr. Asep Sujana Wajyuri, M.Pd.


"Insya Allah, pembukaan POMNas XVII besok Kamis langsung dilakukan Bapak Mendikbudristek RI, Nadiem Anwar Makarim, B.A., M.B.A. "Semoga bisa berjalan lancar dan semua persiapan sudah dilakukan sebaik mungkin, baik dari segi sarana dan prasarana pertandingan guna menyambut kedatangan kontingen dari seluruh tanah air,"ujar Ganefri



Lebih lanjut Prof Ganefri menagatakan, atlit dan offecial yang ambil bagian pada ajang prestasi ini, lebih kurang 7.000 orang, sedangkan atlit sekitar 3.000 orang dengan mempertandingkan  14 cabang olahraga.


"Dengan di Pusatkan kegiatan PomNas di Kota Padang ini, bisa meningkatkan taraf ekonomi masyararakat, baik para pedagang maupun pengguna jasa," ujarnya.


Menyinggung posisi atlit Sumatera Barat pada Pomnas Tahun ini, menurutnya bisa berada pada peringkat 5 besar.


Diharapkan dalam pelaksanaan Pomnas ini, dapat berjalan secara lancar, begitu juga dengan perjalanan atlit dan offcial dari berbagai propinsi mengingat musim penghujan saat ini.




Prof Ganefri, juga menyebutkan, diajang Pomnas ini, diikuti 34 kontingen dari 34 Provinsi di Indonesia sudah menyatakan ikut dalam ajang olahraga terbesar kedua di Indonesia setelah PON ini.


"Mereka datang merupakan delegasi dari BAPOMI seluruh Provinsi yang ada di Indonesai,"imbuhnya.


Ketua Umum Pengurus Provinsi (PP) Badan Pembina Olahraga Mahasiswa Indonesia (BAPOMI) Sumatera Barat Drs. Hendra Syarifuddin, M.Si, Ph.D., menambahkan, POMNas kali ini akan berlangsung selama 10 hari, mulai tanggal 17 s/d 26 November 2022.


Hendra juga menyebutkan, ada 14 cabang olahraga (Cabor) yang dipertandingkan dalam POMNas XVII ini.


Ke-14 Cabor tersebut, yakni Atletik, Renang, Bulutungkis, Tenis, Taekwondo, Pencak Silat, Karate, Tarung Derajat, Bola Basket, Bola Voli, Futsal, Sepaktakraw, Petanque dan Panjat Tebing.


"Untuk pertandingan hari pertama sudah mulai diperlombakan dua Cabor, yakni Bola Basket dan Futsal," sebut Hendra.


Wakil Rektor III Universitas Negeri Padang (UNP) ini, berharap pelaksanaan POMNas di Sumbar berjalan lancar dan menghasilkan atlet nasional yang berprestasi dan bisa mengharumkan nama Indonesia di kancah regional dan internasional.


Sekretaris Panpel, Dr. Asep Sujana Wajyuri, M.Pd, menyebutkan, untuk ajang kali ini diperebutkan lebih dari 700 medali (emas, perak dan perunggu). Dan dalam catatan panitia, lebih dari 2000 atlet dan official akan datang ke Sumbar selama POMNas berlangsung.


Untuk lokasi pertandingan/venue, ada tiga lokasi, yakni di kampus UNP, Unand dan Politeknik ATI Padang.


Disamping itu, sebut Asep, kontingen Sumbar akan mengikuti seluruh nomor pertandingan dalam 14 Cabor. "Peluang medali bagi kontingen Sumbar, diharapkan pada Cabor bela diri dan Cabor terukur," tuturnya.
jumlah 
,
"Sehingga kita menargetkan Sumbar masuk dalam peringkat 5 besar perolehan medali. Berat memang, karena selama ini Sumbar belum pernah masuk 10 besar. Namun, semua tim dan offisial akan memberikan hasil terbaik demi Tuah Sakato," katanya optimis.
*  )