Mendikbudristek RI, Nadiem Anwar Makarim, Buka POMNas XVII -->

Mendikbudristek RI, Nadiem Anwar Makarim, Buka POMNas XVII

Kamis, 17 November 2022

 

.

Padang, fajarsumbar.com - Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek RI) Nadiem Anwar Makarim, B.A., M.B.A, membuka secara resmi Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNas) XVII Sumatera Barat Tahun 2022 di Auditorium Kampus UNP Air Tawar Padang, Kamis (17/11/2022).

Ditandai dengan pemukulan Gendang Tasa oleh Mendikbudristek RI Nadiem Anwar Makarim, bersama Rektor UNP Prof.Ganefri. P.hD, Gubernur Sumatera Barat H. Mahyeldi Ansysrullah, unsur APOMI dan sejumlah pimpinan UNP.

Pada kesempatan tersebut, Meneri 
Nadiem Anwar Makarim, juga memberikan apresiasi dan semangat kepada para atlet yang akan bertanding pada POMNas XVII Tahun 2022. “POMNas ini tentu bukan pekerjaan yang mudah, selain dengan melakukan kerja keras, juga butuh komitmen dan daya tahan yang luar biasa. Untuk itulah kegiatan kompetisi POMNas ini digelar. "Kegiatan yang luar biasa penting ini dapat mendorong kolaborasi lintas sektor, membangkitkan semangat generasi muda kita untuk berkarya dan berprestasi”, tambah Menteri.

“Saya mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada seluruh pihak yang telah mewujudkan POMNas ini. "Apresiasi yang luar biasa pada jajaran Universitas Negeri Padang, Universitas Andalas, Politeknik Ati Padang, Dispora Sumatera Barat dan seluruh organisasi ini atas kolaborasi dan kerjasamanya," ucapnya. Dan Ia
 berharap, kedepan POMNas ini, dapat terselenggara lebih meriah.

Sementara Gubernur Sumbar H. Mahyeldi Ansyarullah menyampaikan, bahwa perhelatan nasional ini dapat untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Sumbar ini. Selain itu Mahyeldi juga berharap dengan adanya POMNas ini bisa memberikan motivasi kepada siswa-siswi untuk berprestasi diseluruh bidang olahraga.

Di tempat yang sama, sebagai tuan rumah Rektor UNP Prof.Ganefri, Ph.D mengatakan, Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (PomNas) Tahun 2022 ini, dengan mengusung tema "Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat, Berprestasi Lebih Sehat, bertujuan untuk memupuk, meningkatkan persatuan, kebersamaan dan persahabatan antar mahasiswa.

"Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (PomNas) yang digelar 2 tahun sekali, sebut Prof Ganefri, juga merupakan ajang olahraga Nasional Propinsi bagi kalangan mahasiswa Perguruan Tinggi di tingkat Sarjana dan Diploma di Indonesia.

Selain itu, untuk meningkatkan kesadaran rasa Berbangsa dan Benegara, Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhina Tunggal Ika serta  meningkatkan kebugaran  jasmani, disiplin dan sportifitas mahasiswa dalam mengembangkan prestasi olahraga mahasiswa.

Prof Ganefri, juga menyebutkan, Event PomNas ini, diharapkan dapat memberikan kontribusi positif terhadap peningkatan prestasi olahraga mahasiswa baik di tingkat Nasional maupun Internasional.

Kegiatan ini, dalam rangka mensukseskan program MBKM yang dapat menghasilkan output mahasiswa yang berkrakter, beradaptasi, jujur, berani, cerdas yang mandiri, melalui kegiatan olahraga sehingga siap terjun ke masyarakat.

Menyinggung  jumlah peserta yang ambil bagian pada event PomNas kali ini, Prof Ganefri menyebutkan, lebih kurang 8.948 orang, terdiri dari 3.079 atlit, 5.869 offcial, sedangkan pelatih dan wasit 455 orang dari 34 Propinsi.

Dari rangkaian cabor Event ini diperebutkan 1.274 keping medali, yakni 368 medali emas, 368 medali perak dan 538 medali perunggu pada 166 nomor lomba.

"PomNas ke XVII Tahun 2022 yang berakhir tanggal 26 November nanti dipertandingkan 14 Cabor," tuturnya.

Cabor yang dipertandingkan itu, meliputi cabor atletik, bulutanggkis, karakter, pencak silat, renang, bola basket, bola volly, kemudian futsal putri/putra, petanque dan Sepak Takrau, Kemudian cabor tarung erajat, teknis, panjat tebing dan taekwondo.

Ketua Majelis Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI) terpilih itu, juga menyebutkan, melalui tiga lokasi pertandingan, yakni di Kampus UNP dipertandingkan 9 cabor di Politeknik  ATI Padang 2 cabor dan di Unand 9 cabor.( RD-z )