Porwanas XIII di Kota Malang Resmi Dibuka Menpora Amali -->

Porwanas XIII di Kota Malang Resmi Dibuka Menpora Amali

Senin, 21 November 2022

Kontingen PWI Sumbar saat defile pembukaan Porwanas XIII di Kota Malang, Senin (21/11/2022) malam.


Malang, fajarsumbar.com - Menpora Zainudin Amali resmi membuka Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) XIII di Kota Malang, Jawa Timur (Jatim) di Graha Cakrawala, Senin (21/11/2022) malam.


Porwanas dihadiri anggota kontingen yang tergabung pada Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) se-Indonesia.


Ada sekitar 3.500 lebih atlet dan official dari 35 provinsi yang terlibat pada ajang bergengsi bagi kalangan wartawan tersebut.


"Saya harap Porwanas ini selain meraih prestasi di bidang olahraga, kegiatan ini juga dimaksudkan untuk menjalin silaturrahmi antar sesama wartawan," ujar Amali saat pembukaan terebut.


.

Hadir pada kesempatan itu, selain official dan atlet PWI utusan dari 35 provinsi juga dihadiri Ketua Umum PWI Pusat, Atal S Depari, Ketua PWI provinsi, Ketua Siwo se-Indonesia dan lainnya. Para bupati dan walikota se-Jatim.


Juga terlihat hadir, Wakil Gubernur Jatim, Emil Elestianto Dardak, Ketua Bidang Organisasi PWI Pusat Zulkifli Gani Ottoh, Ketua PWI Malang Cahyono, Ketua I PB Porwanas 2022 Jatim Erwin Muhammad dan lainnya.


Meriah

Suasana pembukaan Porwanas XIII terlihat meriah. Berbagai penampilan seni pun diperagakan untuk menghibur para pengunjung. Panitia juga menampilkan Cak Lontong.


Atlet futsal


Pada saat itu Cak Lontong mengucapkan selamat kepada atlet Porwanas bertanding. "Silahkan berjuang, sebab berjuang itu butuh persatuan," ujarnya.


Pada kesempatan itu panitia Jatim memperkenalkan berbagai potensi yang dimiliki daerahnya. Termasuk potensi unggulan pariwisata di Kota Malang.


Wakil Gubernur Jatim, Emil Elestianto mengharapkan, melalui Porwanas ini persatuan wartawan se-Indonesia semakin kuat.


Sebagaimana diketahui pelaksanaan Porwanas XIII ini sempat tertunda beberapa tahun, karena hantaman Covid-19, sehingga berbagai kegiatan yang sifatnya mengumpulkan orang banyak dihentikan sementara waktu.


.

Ketua Umum PWI Pusat Atal S Depari menyebutkan, persiapan Jatim sebagai tuan rumah Porwanas XIII bagus. 


"Kesiapan tuan rumah Malang sangat bagus," pujinya.


Besok Pertandingan Dimulai

Setelah pembukaan, Selasa (22/11/2022) pagi besok sejumlah cabang olahraga (cabor) mulai bertanding.


Adapun jadwal pertandingan sebagaimana yang telah dirilis Unit Penitia Pelaksana (UPP) Porwanas XIII/2022 di antaranya.


Cabor atletik 5000 M bakal dilaksanakan pada 25 November pukul 08.00 WIB di Lapangan Atletik Cakrawala UM. 


.


Atletik nomor pertandingan 3000 M pada 25 November pukul 08.00 WIB juga di Lapangan Atletik Cakrawala UM.


Sementara cabor biliard bola 8 tunggal, bola 8 ganda dan bola 9 ganda serta bola 10 tunggal dilaksanakan 23 - 25 November di Lucky Pool and Resto.


Sedangkan untuk cabor bulutangkis nomor pertandingan bereg, ganda putra U-27 dan Ganda Putra U-40 pada 23 dan 25 November pukul 13.00 WIB di Unggul Bulutangkis Sport.


.


Untuk cabor catur dengan kategori nomor pertandingan beregu dan perseorangan cepat dilaksanakan 24 November dimulai pukul 13.00 WIB di Hotel El Batu Malang.


Sementara cabor futsal bakal dipertandingkan pada U-27 dan U-40 pada 25 November 2022 di FS Futsal Malang.


Sementara itu untuk cabor tenis meja dimulai besok, Selasa 22 November pukul 09.00 WIB dengan nomor pertandingan beregu, ganda perorangan U-27 dan ganda perorangan U-40 di lapangan Universitas Brawijaya (UB) Sport Center.


.


Pada pelaksanaan Porwanas XIII tahun 2022 Jatim ini akan mempertandingkan 10 cabang olahraga, yakni atletik, biliard, bulutangkis, bridge, catur, tenis meja, tenis lapangan, e-sport, 20 November 2022


Selain 10 cabor tersebut, juga ada lomba fotografi, video dan karya jurnalistik, potensi wisata di wilayah Kabupaten Malang.


Tak hanya itu, ada empat cabor ekshibisi yang digelar untuk memeriahkan Porwanas 2022 ini, yakni karaoke, tenis meja untuk Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia (IKWI), golf, dan menembak.(ab)