Muktamar Ke-48 Muhammadiyah Digelar Hari Ini, Dibuka Presiden Jokowi dan Ditutup Wapres Ma'ruf -->

Muktamar Ke-48 Muhammadiyah Digelar Hari Ini, Dibuka Presiden Jokowi dan Ditutup Wapres Ma'ruf

Jumat, 18 November 2022

Muhammadiyah menggelar muktamar ke-48 pada 18-20 November 2022. (Ist)


JAKARTA - Muhammadiyah dan Aisyiyah menggelar muktamar ke-48 pada 18-20 November 2022. Muktamar digelar di Solo, Jawa Tengah.


Muktamar ke-48 Muhammadiyah ini akan dibuka oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 19 November 2022. Sementara acara akan ditutup Wakil Presiden (Wapres) KH Ma'ruf Amin pada 20 November 2022.


"Presiden Joko Widodo telah mengonfirmasi akan membuka Muktamar ke 48 Muhammadiyah dan Aisyah. Sedangkan penutupan Muktamar, Wakil Presiden Maruf Amin pun telah mengonfirmasi kesiapannya untuk menutup jalannya Muktamar ke 48 Muhammadiyah dan Aisyiyah," ujar Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir, pada Jumat (11/11/2022).


Menurut Haedar Nashir, ada lima agenda pokok dalam prosesi Muktamar, di antaranya :


Pertama, Laporan PP Muhammadiyah 2015-2022. Isi laporan tersebut akan memotret berbagai pekerjaan yang telah dilakukan Persyarikatan dalam satu periode, sebagaimana dikutip Okezone.com.


Ia mengatakan, pelaporan ini penting untuk menunjukkan Muhammadiyah selama ini bekerja dengan serius untuk mewujudkan masyarakat Islam yang sebenar-benarnya.


Kedua, membahas program lima tahun ke depan. Sebagai organisasi yang mengusung tema berkemajuan, Muhammadiyah telah menyiapkan ragam program untuk menjawab tantangan zaman dalam lima tahun ke depan.


Menurut Haedar, solusi dari prediksi tantangan di masa depan ialah bagaimana memperkuat peran amal usaha sebagai benteng mewujudkan kemasalahtan.


“Poinnya ke depan kita akan lebih memperkuat amal usaha sebagai modal basis membangun keunggulan bangsa. Bangsa yang besar ini dengan segala keragamannya ini mesti berpacu agar setara dan unggul,"ujarnya.


Sementara itu, Wakil Presiden (Wapres) KH Ma’ruf Amin dipastikan akan menghadiri Muktamar Ke-48 Muhammadiyah dan Aisyiyah di Solo, Jawa Tengah. Kepastian itu diungkapkan Wapres usai bertemu petinggi Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah di kediaman Wapres, Jalan Diponegoro No 2, Jakarta Pusat, Selasa (15/11/2022).


“(Wapres) sanggup akan datang untuk menutup Muktamar Muhammadiyah nanti pada tanggal 20 (November), Insya Allah nanti di Solo,” ungkap Juru Bicara Wapres, Masduki Baidlowi dalam keterangannya pada Selasa (15/11/2022). (*)