Padang Panjang akan Berangkatkan 7 Pekerja Migran ke Jepang -->

Padang Panjang akan Berangkatkan 7 Pekerja Migran ke Jepang

Sabtu, 05 November 2022

 

Logo 

Padang Panjang, fajarsumbar.com - Pemko Padang Panjang melalui Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) akan memberangkatkan tujuh calon pekerja migran ke Jepang. Mereka hasil pelatihan dan seleksi yang diselenggarakan DPMPTSP bekerja sama dengan Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) Yaruki Padang. 


Plt. Kepala DPMPTSP, Ewasoska, S.H, Sabtu (5/10) mengatakan, ketujuh calon ini bakal diberangkatkan dalam waktu dekat. 


"Pada 2021 telah diberangkatkan satu orang peserta pelatihan ke Jepang dan dalam waktu dekat akan diberangkatkan kembali 7 orang," katanya. 


Ewa menuturkan, kerja sama dengan LPK Yaruki Padang telah berlangsung sejak 2020. Pencari kerja yang berminat mengikuti program, dibekali pelatihan bahasa Jepang tingkat N5 dan N4. 


"Tujuan pelatihan di samping memberikan pembekalan juga untuk mengurangi angka pengangguran melalui pengiriman tenaga kerja ke luar negeri," ujarnya. 


Pelatihan bahasa Jepang bersama LPK Yaruki, lanjut Ewa, dibiayai APBD. 


"Bagi yang memenuhi syarat juga akan dibantu biaya keberangkatan ke Jepang dan kekurangannya diharapkan dapat ditanggung yang bersangkutan," jelasnya.


Program kerja ke Jepang ini melewati sejumlah tahapan dan pelatihan. Yang bersangkutan wajib mengikuti kembali seleksi bahasa dan seleksi keterampilan. Setelah lulus kedua seleksi tersebut, peserta bakal dicarikan perusahaan sesuai jurusan yang diminati.


"Dilanjutkan dengan proses wawancara. Apabila lulus baru dilaksanakan penandatanganan kontrak dan pengurusan dokumen administrasi lainnya," ujarnya. 


Kepada peserta pelatihan yang belum lulus seleksi, lanjutnya, jangan berkecil hati. Ke depan diharapkan lebih mempersiapkan diri dan memanfaatkan kesempatan semaksimal mungkin. (syam)