Pagaruyuang Team UNP Juara 3 Nasional (KMHE 2022) -->

Pagaruyuang Team UNP Juara 3 Nasional (KMHE 2022)

Minggu, 06 November 2022


.

Padang - Pada tanggal (30/10/2022) diadakannya lomba Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) tahun 2022 di sirkuit Gelora Bung Tomo Surabaya dengan tuan rumah Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Surabaya. 


Kegiatan Kontes Mobil Hemat Energi ini diikuti oleh lebih dari 40 tim mahasiswa dari seluruh perguruan tinggi di Indonesia. Pagaruyuang Team UNP MPD Urban Diesel, Dibawah bimbingan Wanda Afnison S.Pd, M.T. berhasil mengulang sejarah dengan menjadi juara dalam ajang kompetisi Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) 2022. 


Keberhasilan Pagaruyuang Team menjadi juara 3 tingkat nasional ini diraih setelah memperoleh pencapaian konsumsi bahan bakar 104KM/L dan setelah berhasil melalui beberapa tahapan Technical dan Safety inspection yang dilakukan oleh panitia dari Puspernas. Tahapan ini merupakan tahapan yang wajib dilalui oleh seluruh tim sebelum melakukan kegiatan lomba kontes mobil hemat energi di lintasan balap.


 Pada hari pertama technical inpection Pagaruyuang  Team melakukan 8 tahapan pengujian yaitu, pengujian berat kendaraan pada mobil, setelah itu melakukan pengukuran dimensi mobil apakah mobil sesuai dengan ketentuan regulasi yang ditetapkan oleh puspernas, pada pengujian dimensi tersebut mobil kami lolos dan lanjut ke pengujian selanjutnya yaitu post driver disini skill driver diuji oleh panitia apakah driver paham dengan aturan-aturan yang ada. 


Selanjutnya pos pengujian jarak pandang mobil dan mekanisme kinerja wiper mobil, lanjut ke pos safety car, pengujian kekuatan rem pada bidang miring dan turning radius, dan yang terakhir pengujian kelistrikan dan engine mobil. Pada semua tahapan technical inspection ini alhamdulilah kami dinyatakan lolos melakukan semua pengujian walaupun mengalami beberapa kendala.


Pada hari kedua  Tim Pagaruyuang  melakukan race untuk pertama kalinya di sirkuit gelora bung tomo Surabaya dengan total 8 lap mencatatkan waktu 23 menit 29 detik dan mendapatkan perolehan konsumsi bahan bakar sebesar 93,36 KM/.


Pada hari ketiga race yang kedua dilakukan pada besok paginya dan mendapatkan perolehan konsumsi bahan bakar sebesar 72,60 KM/L, dan lanjut ke race ketiga pada sore nya mendapatkan catatan konsmumsi bahan bakar sebesar 80,08 KM/L . Pada hari ketiga ini Pagaruyuang Tim mengalami permasalahan pada sistem pengeraman dan membuat catatan konsumsi bahan bakar kami menjadi sedikit boros.


Pada hari ke empat race ke empat dan lima  mendapatkan catatan konsumsi bahan bakar yang naik menjadi 104,34 KM/L. Dengan perolehan catatan semua itu dan berkat rahmat Allah SWT Pagaruyuang Team mendapatkan Juara 3 MPD Urban Diesel. 


Dari hasil juara 3 ini, Pagaruyuang Team untuk kedepannya berharap bisa menjadi juara 1 kategori MPD urban diesel pada Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) 2023 dengan perolehan konsumsi BBM diatas 200KM/L. ( Humas UNP )