Pemberdayaan Masyarakat Melalui KIE, Darul Siska : Tercipta Masyarakat yang Sehat -->

Iklan Atas

Pemberdayaan Masyarakat Melalui KIE, Darul Siska : Tercipta Masyarakat yang Sehat

Minggu, 06 November 2022

Anggota Komisi IX DPR RI Darul Siska memberikan arahannya dalam sosialisasi pemberdayaan masyarakat melalui KIE



Tanah Datar, fajarsumbar.com - Wakil Bupati (Wabup) Tanah Datar Richi Aprian membuka kegiatan Pemberdayaan Masyarakat melalui Komunikasi Informasi dan Edukasi (KIE) bersama Anggota Komisi IX DPR RI Darul Siska dan Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Padang, di GOR Sungai Tarab, Kecamatan Sungai Tarab, Minggu (6/11/22). 


Wabup sampaikan, obat, makanan dan kosmetik merupakan kebutuhan utama masyarakat, karena itu persyaratan utama yang harus dipenuhi suatu produk adalah keamanan, mutu dan kemanfaatan. 


"Mewujudkan keamanan, mutu dan kemanfaatan itu, maka perlu peningkatan pengetahuan masyarakat agar terhindar dari bahan berbahaya yang beresiko bagi kesehatan, maka hari ini kita bekerjasama dengan BBPOM Padang untuk mendengar penyuluhan," kata Richi.


Dikatakan Wabup lagi, penyuluhan seperti ini sangat berguna bagi masyarakat, karena perkembangan akhir-akhir ini di tengahmasyarakat, banyak beredar obat ilegal, kosmetika berbahan berbahaya dan jamu mengandung bahan kimia. 


"Tidak hanya obat, kosmetik dan jamu, tapi makanan juga demikian, banyak masyarakat yang belum memahami bagaimana penanganan makanan yang salah, sehingga berpotensi menggangu kesehatan. Jadi makanan expire atau lewat batas, untuk amannya lebih baik di buang saja," sampai Richi. 


Berangkat dari itu, tambah Richi, tentunya kegiatan seperti hari ini sangat baik dan perlu kita dukung, serta ikuti bersama untuk menambah pengetahuan tentang obat, kosmetik dan makanan yang tidak baik. 


"Pengawasan menjadi tugas pemerintah dan dalam hal ini adalah BBPOM. Dengan memberikan sosialisasi dan pengetahuan seperti hari ini, tentunya masyarakat akan semakin cerdas dalam memilih obat, kosmetik dan makanan yang baik, agar tidak menimbulkan efek samping," tukas Wabup. 


Sementara itu, Kepala BBPOM Padang diwakili Linda Gusrini mengungkapkan, BBPOM mempunyai tugas untuk mengawasi segala produk obat, kosmetik dan makanan yang beredar di tengah masyarakat. 


"BBPOM melakukan pengawasan, bahkan juga melakukan pemeriksaan sarana, fasilitas, distribusi sampai pelayanan kefarmasian obat, kosmetik serta makanan," sampai Linda.


Dikatakan Linda, hal itu dilakukan untuk memberikan jaminan kepada masyarakat, keamanan dari produk yang dipakai. "Karena itulah, maka masyarakat diminta harus jeli dan cermat ketika membeli dan memakai produk, apakah sudah ada lulus BPOM nya atau tidak, agar hal tidak diinginkan bisa dihindari," sampainya.


Selanjutnya, Anggota Komisi IX DPR RI Darul Siska menyampaikan, bahwa Komisi IX salah satu tugasnya adalah, yang berkenaan dengan kesehatan dan BPOM. "Komisi IX mempunyai tugas untuk melaksanakan program Gerakan Masyarakat (Germas), penurunan Stunting, BPOM, BPJS Kesehatan serta BPJS Ketenagakerjaan. Dan kegiatan hari ini menjadi salah satu bentuk pelaksanakan tugas itu," katanya. 


Darul Siska tambahkan, dengan dilaksanakan sosialisasi ini, yang bekerjasama dengan BBPOM Padang dan dukungan Pemerintah Daerah, diharapkan tercipta masyarakat yang sehat. 


"Dengan masyarakat sehat, apa saja bisa dilaksanakan dengan baik. Dan ada 4 sehat yang hendaknya bisa dilaksanakan, yakni makan gizi seimbang, tidur yang cukup, olahraga teratur, periksa kesehatan secara teratur ke fasilitas kesehatan," kata Anggota DPR RI Darul Siska. 


Darul Siska juga menyampaikan ucapan terima kasih, atas kehadiran masyarakat dalam kegiatan sosialisasi dari BBPOM. "Setelah memperoleh informasi dari BBPOM Padang. Saya juga berharap, Bapak dan Ibu yang hadir untuk menyampaikan informasi kepada keluarga, tetangga dan masyarakat sekitar, tentang bahaya obat, kosmetik dan makanan yang palsu ataupun mengandung pengawet," katanya.


Kegiatan sosialisasi ini turut dihadiri, Camat beserta Forkopimca Sungai Tarab, Wali Nagari Sungai Tarab serta undangan lainnya. (F12)