Percepat Turunkan Stunting, Pemkab Way Kanan Terapkan Cara Ini -->

Percepat Turunkan Stunting, Pemkab Way Kanan Terapkan Cara Ini

Jumat, 04 November 2022

.


Way Kanan - Wakil Bupati Drs. H. Ali Rahman, MT., pimpin rapat koordinasi percepatan penurunan stunting tingkat Kabupaten Way Kanan di Ruang Rapat Utama Pemda, Rabu (2/11/2022).


Kegiatan itu dihadiri oleh Perwakilan BKKBN Provinsi Lampung, Kepala Dinas Bappeda, Indra Zakariya Rayusman, S.H.,M.H, Kepala Dinas P3AP2KB, Indra Kesuma, S.Sos,Forkopimda,Tim Penggerak PKK , Forum CSR, Tenaga Ahli Pemberdayaan Masyarakat, UPT KB dan Penyuluh KB se-Kabupaten Way Kanan serta Pengurus Forum Anak Daerah Way Kanan.


Wakil Bupati Ali Rahman mengatakan bahwa,dimana tatanan masyarakat Indonesia yang mandiri, maju, adil dan makmur, khususnya dalam bidang kesehatan salah satunya ditandai dengan status kesehatan dan gizi masyarakat yang semakin meningkat serta proses tumbuh kembang yang optimal, yang ditandai dengan meningkatnya Umur Harapan Hidup (UHH) dan Healthy Adjusted Life Expectancy (HALE).


“Penurunan prevalensi wasting dan stunting pada balita merupakan sasaran pokok RPJMN 2020-2024. Prevalensi stunting telah terjadi penurunan dari 27,7 persen pada Tahun 2019 (SSGBI 2019), dan pada Tahun 2021 menjadi 20,7 persen (SSGBI 2021) serta ditargetkan secara Nasional menjadi 14 persen pada Tahun 2024”, ujar Ali Rahman 


"Kabupaten Way Kanan telah membentuk TPPS mulai dari Tingkat Kabupaten, Kecamatan sampai dengan tingkat Desa yang dituangkan dalam bentuk Surat Keputusan. Dan Kabupaten Way Kanan juga telah menetapkan 30 Kampung sebagai Desa lokus penanganan stunting pada Tahun 2022”, lanjut Wabup.


Kegiatan tersebut bertujuan untuk mengetahui progress pelaksanaan Program Percepatan Penurunan Stunting di Kabupaten Way Kanan melalui 8 aksi konvergensi, pendampingan keluarga berisiko stunting dan peran desa. (*/Heri)