Pj. Wako Rida Ananda : Khatam Alquran Mesti Punya Outcome yang Jelas -->

Pj. Wako Rida Ananda : Khatam Alquran Mesti Punya Outcome yang Jelas

Minggu, 27 November 2022
Penjabat Wali Kota Payakumbuh Rida Ananda hadiri Khatam Alquran TPQ Thariqul Jannah Masjid Baiturrahman Payobasuang, Kecamatan Payakumbuh Timur, Sabtu (26/11) 


Payakumbuh, fajarsumbar.com --- Penjabat Wali Kota Payakumbuh Rida Ananda mengungkapkan rasa bangganya saat menghadiri penutupan Khatam Alquran TPQ Thariqul Jannah Masjid Baiturrahman Payobasuang, Kecamatan Payakumbuh Timur, Sabtu (26/11) malam.


Saat sesi sambutannya, Rida memberikan pertanyaan kuis ringan kepada anak-anak yang khatam, lalu yang berani maju dan menjawab benar diberi bonus uang saku oleh Rida. Pertanyaannya tentu seputar Alquran.


Dalam kegiatan tersebut tampak tokoh masyarakat Josrizal Zain yang merupakan Wali Kota Payakumbuh Periode 2002-2012 yang dalam sambutannya menyampaikan khatam alquran adalah permulaan, setelah tamat dengan bacaan, maka selanjutnya adalah belajar seninya sebagai wadah menyampaikan perasaan.


"Lalu nanti belajar arti dari kalimat di Alquran. Dulu saya bawa guru di kapal untuk belajar mengartikan isi alquran. Saya harap sehabis ini anak-anak tidak stop dengan alquran, tapi diteruskan. Agar generasi kita memiliki kecerdasan intelektual, emosional, dan spiritual yang baik menapaki masa depan," kata Josrizal.


Sementara itu, Pj. Wako Rida Ananda menyebut ada rasa bangganya saat menghadiri Khatam Alquran 42 orang anak yang digelar di mesjid yang begitu megah. Dirinya juga ingin memajukan pendidikan karakter anak bangsa. 


"Yang perlu bukan inputnya, tapi outcomenya, bagaimana hasilnya anak-anak punya karakter, mereka bisa membaca dan memahami isi Alquran. Itu yang penting sekali," kata Rida.


Rida juga menyampaikan apresiasi atas masukan dan saran yang didapatnya saat berdiskusi dengan tokoh masyarakat. Bagaimana kendala-kendala Khatam Alquran yang sebagai syarat bagi seorang anak melanjutkan sekolah ke jenjang SMP.


"Ini menjadi bahan masukan bagi pemko dengan Kemenag dan MUI, insyaallah kita akan menjadikan ini percontohan. Kami sangat apresiasi pengurus mesjid, tokoh masyarakat, dan orang tua yang hadir. Ini menunjukkan kalau kita sepakat bersama-sama menyiarkan islam, menjadikan alquran sebagai pedoman hidup. Terima kasih atas partisipasi semua pihak," kata Rida.


Rida menambahkan, Mesjid Baiturrahman yang mengalami runtuh beberapa tahun lalu, dalam waktu tak lama pengurus mesjid bisa mendirikan mesjid semegah ini, semoga bermanfaat untuk seluruh masyarakat. 


"Nanti bagaimana pembangunan yang tinggal bisa dibantu Pemko melalui dana hibah di 2024, insyaallah," tegasnya.


Terakhir, Rida berpesan kepada anak-anak yang khatam, kalau mereka adalah generasi penerus, harus memiliki semangat menjadi pemimpin dan meningkatkan rasa cinta kepada Alquran. 


Sebelum berpamitan, Rida yang didampingi Asistem II Elzadaswarman dan Kabag Kesra Efrizal sempat memberikan bantuan sembako kepada Muazin Mesjid Baiturrahman sebagai bentuk apresiasi atas semangatnya. (ul)