Pj Wali Kota Payakumbuh Buka Gebyar Pendidikan Non Formal Tahun 2022 -->

Pj Wali Kota Payakumbuh Buka Gebyar Pendidikan Non Formal Tahun 2022

Minggu, 27 November 2022
.


Payakumbuh, fajarsumbar.com - Pemerintah kota Payakumbuh memberikan apresiasi yang tinggi kepada Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh dalam pelaksanaan ivent acara Gebyar Pendidikan Non Formal Payakumbuh Tahun 2022. Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh melalui Bidang PAUDNI Dinas Pendidikan menyelenggarakan kegiatan pawai gebyar pendidikan non formal.


Sebagaimana diamanatkan undang-undang nomor 20 tahun 2003 tentang Sisdiknas bahwa jalur pendidikan terdiri dari pendidikan formal, pendidikan non formal dan pendidikan informal.


Pendidikan non formal meliputi pendidikan kecakapan hidup, pendidikan anak usia dini, pendidikan kepemudaan, pendidikan pemberdayaan perempuan, pendidikan keaksaraan, pendidikan keterampilan dan pelatihan kerja pendidikan kesetaraan serta pendidikan lain yang ditujukan untuk mengembangkan kemampuan peserta didik.


Satuan pendidikan non formal terdiri atas lembaga kursus, lembaga pelatihan, kelompok belajar, pusat kegiatan belajar masyarakat/PKBM dan majelis taklim, serta Satuan Pendidikan yang Sejenis ( SPS ). 


Kegiatan gebyar pendidikan non formal yang digelar oleh Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh dibawah pimpinan Dr. Dasril S.Pd.M.Pd dan koordinator kegiatan Kepala Bidang Pendidikan Anak Usia Dini Non Formal Informal ( PAUDNI ) Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh Syafni Hasni S.Pd didampingi Kasi PNFI Nelwita SE. Menyelenggarakan acara Gebyar ini bersamaan dengan acara Jalan Sehat HUT PGRI ke 77 dengan pentas utama di Ngalau Indah Payakumbuh. 


Jenis Kegiatan Gebyar Pendidikan Non Formal adalah suatu kegiatan dari Dinas Pendidikan untuk lebih memperkenalkan Pendidikan Non Formal kepada masyarakat luas. 


Menurut Kabid PAUDNI Syafni Hasni, S.Pd Kegiatan ini kita bagi menjadi 2 bagian yaitu :

1. Acara Pawai atau Arak-arakan dari lembaga Pendidikan Non Formal yang dimulai star dari Lapangan Kubu Gadang Payakumbuh melalui Jl.Rasuna Said, Labuh Basilang, Jl. A. Yani, pusat Kota Payakumbuh, Jl. Soekarno Hatta dan finish di Medan Nan Bapaneh Ngalau Indah yang dilepas oleh Pj Walikota Payakumbuh, Rida Ananda didampingi Kadis Pendidikan, Dasril bersama Sekdisdik, Danil Defo, Kabid PAUDNI Syafni Hasni bersama Panitia Pelaksana lainnya. Pawai ini diikuti oleh 15 mobil hias dari SPNF SKB, PKBM dan LKP serta 15 bendi hias bermuatan para warga belajar paket A, B dan C serta peserta kursus. 


2. Selanjutnya setelah sampai di finish di area Medan Nan Bapaneh Ngalau Indah Payakumbuh diisi dengan berbagai Penampilan bakat dan kreatifitas peserta didik Non Formal berupa tari, nyanyi, puisi, atraksi silat Fashion Show dan lain-lain,  di panggung utama Ngalau Indah, serta diseling pembagian doorprize hadiah jalan sehat PGRI yang terdiri sepeda, kulkas, mesin cuci, dan bingkisan lainnya. 


Adapun peserta dari Gebyar Pendidikan Non Formal ini adalah Satuan Pendidikan Non Formal Pendidikan Kesetaraan, Lembaga Kursus dan Pelatihan dan Pendidikan Keaksaraan Fungsional. Dengan jumlah lebih kurang 500 orang peserta.


Kepala Dinas Pendidikan, Dasril pada Minggu(27/11/2022) pagi berharap melalui kegiatan ini dapat meningkatkan dan motivasi belajar peserta didik pendidikan non formal, memberikan kontribusi bagi pendidikan non formal dalam upaya meningkatkan dan memajukan pendidikan di Kota Payakumbuh, serta memberikan edukasi dan informasi kepada masyarakat bahwa pendidikan non formal sangat penting dalam menunjang kemajuan pendidikan di Kota Payakumbuh. 


Sementara itu Pj Walikota Payakumbuh Rida Ananda sangat antusias dan mengapresiasi kegiatan gebyar ini dalam rangka mempromosikan kegiatan layanan Pendidikan Non Formal di Kota Payakumbuh.


"Kegiatan ini sebagai solusi bagi anak-anak Payakumbuh yang tidak bisa menyelesaikan pendidikan formal di sekolah dapat mengikuti pendidikan non formal Paket A, B dan C di PKBM, SPNF SKB Kota Payakumbuh,"Jelas Rida Ananda. (ul)