Pulihkan Ekonomi Pasca Pandemi, Sergai Serahkan Bantuan Alat Produksi Bagi Pelaku Usaha dan Kelembagaan Koperasi -->

Iklan Atas

Pulihkan Ekonomi Pasca Pandemi, Sergai Serahkan Bantuan Alat Produksi Bagi Pelaku Usaha dan Kelembagaan Koperasi

Sabtu, 19 November 2022

 

Foto bersama.

Sei Rampah, fajarsunbar- Sebagai upaya dalam mendukung pemulihan ekonomi nasional pasca pandemi Covid-19, Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) menyerahkan alat produksi bagi pelaku UMKM dan bantuan sarana kelembagaan koperasi untuk penguatan koperasi yang modern berbasis digital. Kegiatan tersebut dihelat di Pendopo Kerajaan Negeri Bedagai Komplek Kantor Bupati di Sei Rampah, Jumat (18/11/2022).


Wakil Bupati (Wabup) Sergai H Adlin Tambunan menyampaikan jika Pemkab Sergai terus berupaya membangkitkan kembali perekonomian masyarakat yang sempat terpuruk akibat pandemi.


“ Melalui bantuan yang diberikan kepada UMKM ini diharapkan dapat membangkitkan Kembali gairah perekonomian yang sempat lesu serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” katanya.


Dikesempatan serupa, Bupati Darma Wijaya menambahkan jika Pemkab Sergai terus mendorong para pelaku UMKM dapat segera mendaftarkan produknya pada e-katalog yang merupakan sistem informasi elektronik dari Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) yang memuat informasi usaha, harga, dan informasi lainnya yang terkait dengan penyedia barang atau jasa.


Bang Wiwik sapaan akrab Bupati menyebut jika produk UMKM ini dijual dan dipromosikan melalui media digital, sehingga dapat meningkatkan omzet usahanya bisa lebih tinggi lagi, ujar Bupati di hadapan Asisten Ekbang Drs Nasrul Azis Siregar, Kadis Nakerkop Drs Fajar Simbolon, M.Si, Kabid Kelembagaan Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sumatera Utara  Drs.Unggul Sitanggang M.Si, para Camat serta para penerima bantuan alat produksi.


“ Mari kita sama-sama mendorong dan membantu dengan berbagai upaya agar para pelaku UMKM Sergai tumbuh dan berkembang lebih maju lagi,” pungkasnya.


Dikesempatan serupa, Ketua TP PKK Sergai Ny Hj Rosmaida Darma Wijaya mengutarakan bahwa kelembagaan dan penguatan koperasi sebagai langka pemulihan ekonomi pasca pandemi Covid-19. Hal ini telah menunjukkan hasil yang baik, ditandai dengan secara bertahap perekonomian mengalami pertumbuhan yang positif.


Pemkab Sergai, lanjutnya lagi, terus berupaya untuk memberikan dukungan bagi koperasi dan pelaku usaha dalam program pengembangan koperasi modern dan pengembangan pelaku UKM agar lebih maju dan berkualitas. Sehingga dapat menyejahterakan masyarakat khususnya bagi pelaku usaha dan anggota koperasi di Tanah Bertuah Negeri Beradat. Oleh karena itu, salah satu langkah yang bisa diberikan pemerintah adalah dengan memberikan bantuan kepada koperasi dan pelaku UKM.


“ Pemkab Sergai melalui Dinas Nakerkop dan TP PKK serta OPD terkait lainnya dapat bersinergi dengan harapan agar bantuan ini dapat meningkatkan kualitas dan kuatitas koperasi serta pelaku UKM, sehingga dapat mewujudkan Kabupaten Sergai yang Maju Terus; Mandiri, Sejahtera dan Religius,” harapnya.


Drs Fajar Simbolon, M.Si dalam laporannya menyampaikan jika kegiatan ini merupakan komitmen bersama Pemkab Sergai untuk mendukung pemulihan ekonomi nasional pasca pandemi Covid-19. Selain itu bantuan ini diharapkan dapat dimanfaatkan sebagai modal dalam usaha agar lebih meningkatkan hasil usahanya  sekaligus berinovasi menjadi modern berbasis digital, ujarnya.


Adapun alat bantuan produksi diberikan kepada pelaku usaha sebanyak 12 orang  dan sarana koprasi sebanyak 2 koperasi. (Sembiring).