Putra Pessel Terpilih Jadi Uda Duta Wisata Sumbar 2022 -->

Putra Pessel Terpilih Jadi Uda Duta Wisata Sumbar 2022

Sabtu, 05 November 2022

.


Pessel - Rhazza Reva Perwakilan Kabupaten Pesisir Selatan terpilih menjadi Uda Sumatera Barat 2022 pada malam grand final Pemilihan Uda Uni Duta Wisata Sumatera Barat yang digelar di pelataran Istano Basa Pagaruyung, Kabupaten Tanah Datar, Sabtu (5/11)


Putra terbaik asal Pesisir Selatan itu terpilih setelah melalui proses penjurian yang cukup alot. Mereka berhasil menyisihkan 16 pasang peserta lainnya. Mulai dari masuk dalam 10 besar, hingga akhirnya menjadi terpilih sebaga Uda Duta Wisata Provinsi Sumatera Barat Tahun 2022.


Keduanya dianggap tepat, karena memenuhi kriteria yang ditetapkan dewan juri profesional yang berasal dari berbagai unsur seperti unsur akademisi, praktisi, budayawan dan artis/anggota DPR RI.


Gubernur Sumatera Barat diwakili Asisten Ekonomi Pembangunan Wardarusman, menyatakan bahwa pemilihan Uda-Uni Duta Wisata Sumatera Barat di Pagaruyung malam ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. 


"Malam grand final Uda-Uni Duta Wisata yang diselenggarakan di Kabupaten Tanah Datar ini sungguh luar biasa," kata gubernur.


Ketua pelaksana pemilihan Uda - Uni Duta Wisata Sumatera Barat tahun 2022, Luhur Budianda, yang juga Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Barat, melaporkan bahwa finalis Uda - Uni utusan Kabupaten Kota se-Sumatera Barat, sempat dikarantina dan digembleng selama lima hari di Batusangkar, dari tanggal 1 hingga 5 November 2022.


Hasil penilaian dewan juri yang terdiri dari Budayawan, Seniman, Pakar Komunikasi dan Anggota DPR RI , menetapkan lima kategori pemenang sebagai berikut;

1. Kategori Berbakat : Uda Kota Bukittinggi dan Uni Kabupaten Agam

2. Kategori Favorit melalui polling digital : Uda Kabupaten Solok Selatan dan Uni Kabupaten Solok Selatan.

3. Harapan III:  Uda Kabupaten Pasaman dan Uni Kabupaten Sijunjung

4. Harapan II: Uda 50 kota dan Uni Kota Sawahlunto 

5. Harapan I: Uda Kota Payakumbuh dan Uni Kabupaten 50 Kota


Sedangkan untuk tiga besar,  kategori Wakil II  terpilih Uda Kabupaten Padang Pariaman dan Uni Kabupaten Solok. Wakil I diraih Uda Kota Padang dan Uni Kabupaten Tanah Datar.(*/wandi)


Dan Predikat Uda-Uni Duta Wisata Sumatera Barat tahun 2022 diraih Uda Kabupaten Pesisir Selatan dan Uni Kota Padang.(*/wandi)