Ribuan Hektare Lahan Pertanian di Sukoharjo Terdampak Banjir -->

Ribuan Hektare Lahan Pertanian di Sukoharjo Terdampak Banjir

Senin, 21 November 2022

Banjir yang terjadi di Kabupaten Sukoharjo, Sabtu (19/11/2022). 


SUKOHARJO – Sebanyak 1.718 hektare lahan pertanian di Kabupaten Sukoharjo terdampak bencana banjir yang terjadi akhir pekan kemarin. Dinas Pertanian dan Perikanan setempat tengah mendata kerugian yang dialami para petani. 


Lahan yang kebanjiran paling banyak di wilayah bagian selatan, yakni Kecamatan Weru, Bulu, Nguter dan Tawangsari. Penyuluh pertanian saat ini masih memetakan dampak banjir pada lahan pertanian, sebagaimana dikutip iNews.id.


“Data lapangan yang berhasil diinventarisasi, digunakan untuk menentukan penanganan berupa bantuan untuk pemulihan lahan sesuai kebutuhan. Bisa berupa benih tanaman atau ganti rugi lainnya,” kata Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Sukoharjo, Bagas Windaryatno, Senin (21/11/2022). 


Selain di wilayah selatan, lanjutnya, lahan terendam banjir juga terdapat di Kecamatan Baki, Grogol dan Mojolaban. Pihaknya menegaskan bahwa kerusakan lahan akibat banjir akan diberikan bantuan. 


Tentunya setelah pemetaan yang dijamin ansuransi pertanian. Bagi yang tidak mengansuransikan lahannya, dibantu berupa benih atau bibit tanaman.


Sebelumnya, banjir yang terjadi di Sukoharjo akhir pekan lalu akibat luapan Sungai Bengawan Solo. Selain merusak lahan pertanian dan merendam rumah warga, banjir juga mengakibatkan sejumlah kerusakan infrastruktur, seperti pintu air, sekolahan dan tanggul. (*)