Silaing Bawah dan Puskesmas Busur Kampanyekan Germas -->

Silaing Bawah dan Puskesmas Busur Kampanyekan Germas

Jumat, 25 November 2022

 

Pelajar SMPN 2 ketika mengikuti Germas di Silaing Bawah.


Padang Panjang, fajarsumbar.com - Empat kegiatan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) diselengarakan Kelurahan Silaing Bawah (Silba) bekerja sama dengan Puskesmas Bukit Surungan (Busur) di Lapangan Rest Area, Kamis (23/11).


Empat kegiatan yakni senam bersama, pemeriksaan kesehatan (screening penyakit tidak menular), tidak merokok dan makan-makanan sehat.


Kepala Puskesmas Busur, Yusri Yanti, S.Tr, Keb menyampaikan, Germas merupakan sebuah gerakan yang bertujuan untuk memasyarakatkan budaya hidup sehat serta meninggalkan kebiasaan dan perilaku masyarakat yang kurang sehat. Aksi Germas ini juga diikuti dengan memasyarakatkan perilaku hidup bersih sehat dan dukungan untuk program infrastruktur dengan basis masyarakat.


Kegiatan Germas ini terdiri dari beberapa aktivitas di antaranya melakukan aktivitas fisik, budayakan makan buah dan sayur tiap hari, tidak merokok, tidak mengonsumsi minuman beralkohol, melakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala, menjaga kebersihan lingkungan dan menggunakan jamban sehat.


Khusus hari ini, sebut Yanti, pihaknya berfokus dengan empat kegiatan melakukan aktivitas fisik, membudayakan makan buah dan sayur, melakukan pemeriksaan kesehatan dan tidak merokok.


Sementara Lurah Silba, Benny Satria, S.Par menyampaikan, saat ini pihaknya melaksanakan kegiatan Germas ini untuk Kelurahan Berdikari. Di mana kegiatan ini kerja sama antara kelurahannya dengan Puskesmas Busur.


Adapun rangkaian kegiatan berupa senam Germas, kampanye berhenti merokok, pemeriksaan kesehatan, makan buah dan sayur bersama dengan menu dan voucher telah disediakan dengan mengikutsertakan usaha kecil warga kelurahan. Sasaran kegiatan antara lain kader-kader kelurahan, RT dan remaja. 


"Kita laksanakan kampanye hidup sehat kepada remaja khususnya dan warga umumnya. Di samping itu juga sebagai langkah awal untuk mengaktifkan lokasi rest area untuk kegiatan positif bagi warga. 


Turut hadir, lerwakilan Dinas Kesehatan, Tim Puskesmas Busur dan para ketua organisasi tingkat kelurahan. (syam)