Siswa Dapat Seragam Sekolah Gratis dari Pemkab -->

Siswa Dapat Seragam Sekolah Gratis dari Pemkab

Selasa, 08 November 2022

Bupati, Wakil Bupati Solok Selatan, saat menyerahkan pakaian sekolah seragam gratis di SMPN 6 Solok Selatan.


Solsel, fajarsumbar.com - Pemerintah Kabupaten Solok Selatan membagikan seragam sekolah gratis untuk 351 siswa di Kecamatan Sangir Jujuan. Kegiatan ini ditujukan untuk memberikan dukungan dalam pembangunan sumber daya manusia masa depan di Solok Selatan yang lebih baik.


Bupati Solok Selatan mengatakan kegiatan ini merupakan salah satu dari program unggulan pemerintah, terutama dalam pembangunan sumber daya manusia. Tujuannya untuk bisa memberikan dukungan dan mengurangi beban dari orang tua siswa.


"Bantuan seragam ini merupakan bentuk komitmen pemerintah dalam merealisasikan visi dan misi yang tertuang dalam bentuk program dan kegiatan di RPJMD," Kata Khairunas di SMP N 6 Solok Selatan, Bidar Alam, Sangir Jujuan, Selasa (8/11/2022).


Program ini sudah mulai dilakukan pada 2021 lalu dengan membagikan ribuan seragam untuk siswa SD dan SMP. Tahun ini pemerintah akan membagikan seragam tidak hanya kepada siswa SD dan SMP saja namun juga kepada siswa SMA, SMK, dan lembaga pendidikan di bawah Kementerian Agama di Solok Selatan.


Dalam kesempatan tersebut, Bupati juga mengingatkan agar guru-guru terus meningkatkan kompetensinya. Sebab, kompetensi guru nantinya akan berbanding lurus dengan kompetensi siswa didiknya.


Tak hanya dari segi pendidikan, namun juga perlu diperhatikan dari sisi kesehatan untuk memastikan kualitas sumber daya manusia di Solok Selatan semakin baik di masa depan.


Salah satu hal yang saat ini menjadi perhatian adalah prevelansi stunting di Solok Selatan yang terbilang tinggi, yakni di angka 24%. Untuk itu, Khairunas mengharapkan ada kerja sama antara Dinas Pendidikan dengan Dinas Kesehatan dalam upaya untuk mencegah stunting pada peserta didik.


"Tentu kita berharap terutama sebagai orang Solok Selatan tentu menjadi tuan rumah di daerah sendiri. Ini harus dipersiapkan, bagi kami hasil untuk bisa menjadi Bupati sudah dipersiapkan sejak 30 tahun lalu, dipersiapkan mulai dari pendidikan sampai bisa menjadi seperti hari ini," terangnya.


Dalam kegiatan yang sama, Ketua DPRD Solok Selatan Zigo Rolanda mengatakan kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian pemerintah dan DPRD untuk meningkatkan mutu pendidikan dan meringankan orang tua dalam menyekolahkan anaknya.


Terlebih dengan kondisi saat ini, dimana terjadi pandemi Covid-19 sejak 2020 silam dan tahun depan dihadapkan dengan kondisi akan terjadi resesi global. Sehingga pemerintah perlu hadir untuk memberikan dukungan, terutama di bidang ekonomi untuk masyarakatnya.


"Tantangan yang akan dihadapi ini bukanlah hal biasa. Untuk itu kami DPRD terus mendorong pemerintah daerah bagaimana meringankan biaya hidup masyarakat, salah satunya dengan menekan pengeluaran masyarakat dengan memberikan seragam. Jadi tidak cuma seremonial saja, ini berdampak dan ada efek domino terhadap pengeluaran," kata Zigo.


Untuk diketahui, 351 siswa baru yang mendapatkan bantuan seragam sekolah ini rinciannya dari 12 SD dengan jumlah 219 siswa dan 132 orang siswa dari 4 SMP. Masing-masing siswa akan mendapatkan dua seragam, yakni seragam putih-biru atau putih-merah dan seragam pramuka.


Kegiatan ini juga turut dihadiri oleh Wakil Bupati Solok Selatan, Sekretaris Daerah, Anggota DPRD Solok Selatan dan jajaran kepala OPD di lingkup pemerintah daerah. (Abg)