Talud Setinggi 10 Meter di SMP N 3 Saptosari Longsor, 8 Rumah Terisolasi -->

Talud Setinggi 10 Meter di SMP N 3 Saptosari Longsor, 8 Rumah Terisolasi

Minggu, 20 November 2022

 

Talud di Gunungkidul longsor usai diterjang hujan deras.



GUNUNGKIDUL  - Hujan deras yang mengguyur  Gunungkidul, Yogyakarta  memicu tanah longsor. Kali ini, talud SMP N 3 Saptosari setinggi 10 meter longsor. Talud itu longsor usai hujan dengan intensitas tinggi mengguyur Dusun Widor,  Kalurahan Kanigoro, Kapanewon Saptosari, Minggu (20/11/2022) sekira pukul 11.00 WIB.


"Longsoran tersebut mengisolasi delapan rumah," kata Kapolsek Saptosari AKP Kusnan Priyono, Minggu (20/11/2022). Selain longsor, talut sepanjang 20 meter lainnya juga mengalami keretakan. Sehingga jika terjadi hujan akan mengakibatkan longsor susulan,  sebagaimana dikutip iNews.id.


"Talud yang retak ini mengancam tiga rumah warga yang berada tepat di bawah jalan talud," katanya. Menurut keterangan warga, sekitar pukul 11.00 WIB, pada saat itu hujan sangat deras berlangsung. Tiba-tiba terdengar suara gemuruh longsoran.


Saat dicek, ternyata dari suara itu berasal dari talud SMPN 3 Saptosari itulongsor. Talud tersebut berada tepat di sebelah akses jalan masuk ke delapan rumah warga. "Longsornya talud juga menyebabkan tiang listrik roboh," katanya.(*)