Uji Kompentesi Penguji Ranmor Se-Sumatra Dipusatkan di Padang Panjang -->

Iklan Atas

Uji Kompentesi Penguji Ranmor Se-Sumatra Dipusatkan di Padang Panjang

Jumat, 25 November 2022

 

Wawako Padang Panjang, Drs. Asrul bersama peserta uji kompentensi penguji kendaraan bermotor asal kabupaten/kota se-Sumatra.


Padang Panjang, fajarsumbar.com - Kota Padang Panjang menjadi tuan rumah Uji Kompentensi Penguji Kendaraan Bermotor (Ranmor) yang diikuti 75 peserta se-Sumatra. 

Dibuka Wakil Walikota Padang Pqnjang, Drs. Asrul, Kamis (24/11).

Uji kompetensi berlangsung selama dua hari.


Wawako Asrul mengapresiasi uji kompetensi ini oleh Direktorat Sarana Transportasi Jalan dan Ikatan Penguji Kendaraan Bermotor Indonesia (IPKBI) pada Dirjen Perhubungan Darat, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bekerja sama dengan PT Hino Motor Sales Indonesia (HMSI).


Sarana dan prasarana yang dibutuhkan guna pelaksanaan uji kompentensi memadai di kota ini. Fasilitas IT yang baik salah satunya di Institut Seni Indonesia (ISI) untuk ujian CAT (Computerized Assisted Test).


Ujian praktek bisa dilaksanakan di UPTD Pengujian Kendaraan Bermotor (PKB) Padang Panjang yang sudah mengantongi akreditasi A. 


"Baru ada dua di Sumatra, yaitu Padang Panjang dan Lampung. Artinya di sini bisa melaksanakan uji keur semua jenis kendaraan umum," jelas Asrul.


"Setelah Uji Kompetensi, jalan-jalanlah di Padang Panjang. Di sini sejumlah objek wisata bisa dikunjungi," sebutnya.


Kepala Dinas Perhubungan Arkes Refagus, S.Sos mengatakan, uji kompetensi ini dilaksanakan untuk jenjang Penguji Tingkat (PT) 1 sampai PT 5. 


Kata Arkes, alat uji kendaraan di UPTD PKB Padang Panjang ini modern dan sangat baik. 


"Kita sudah menggunakan aplikasi khusus barcode dan penguji kita tingakatannya sudah tertinggi PT 5 yang bisa menguji kendaraan besar," ujarnya. 


Turut hadir Tim Penilai dari Direktorat Sarana Transportasi Jalan Kementerian Perhubungan, IPKBI dan unsur terkait lainnya. (syam)