Universitas Gunadarma adakan Pelatihan Peningkatan Kemampuan Pengelola dan Pelaku Usaha -->

Universitas Gunadarma adakan Pelatihan Peningkatan Kemampuan Pengelola dan Pelaku Usaha

maifil
Minggu, 20 November 2022

Peserta Pelatihan Peningkatan Kemampuan Pengelola dan Pelaku Usaha Universitas Gunadarma Depok. Ist


DEPOK
- Universitas Gunadarma baru saja melakukan  pelatihan peningkatan kemampuan pengelola dan pelaku usaha melalui marketing plan dan digital marketing pada CV Uncaria Herbal Indonesia.

Pelatihan ini diberi judul “Peningkatan Kemampuan Pengelola dan Pelaku Usaha Melalui Marketing Plan dan Digital Marketing pada CV. Uncaria Herbal Indonesia”. Bertujuan untuk mengembangkan kemampuan fundamental strategi pemasaran.


Ketua Panitia, Dr.dr Dona Suzana, M.Si didampingi Hendri Dwi Putra, SKom., MT, Dr. Ditiya Himawati, SE., MM, Apt. Dina Melia Oktavilantika, M.Sc sebagai panitia acara Ahad (20/11/2022) mengatakan, pelatihan ini menggunakan metode analisis SWOT dan bauran pemasaran serta penerapannya dalam penggunaan aplikasi digital dalam bidang ekonomi dan teknologi informasi kepada semua tim yang berkontribusi. 


Kegiatan ini dihadiri 26 orang peserta yang meliputi dosen, mahasiswa di lingkungan Universitas Gunadarma dan perwakilan mitra CV. Uncaria Herbal Indonesia, berlangsung di Kampus F4, Gunadarma Depok, (7/11/2022) lalu.


"Diharapkan pelatihan ini dapat membantu pemahaman dan peningkatan kemampuan individu, mitra serta tim terhadap marketing plan dan digital marketing yang akan dihadapi dalam dunia bisnis," jelas Dr. Dona.


Pelatihan ini dibuka dengan sambutan dari Dr. Ditiya Himawati, SE., MM selaku dosen pendamping kegiatan pelatihan. 


Materi tentang Marketing Plan disampaikan Dr. Mufid Suryani, SE., MMSI. Ia menjelaskan pentingnya perencanaan pemasaran (Marketing Plan) terhadap CV. Uncaria Herbal Indonesia. 


"Perencanaan pemasaran (Marketing Plan) merupakan hal yang sangat penting bagi semua perusahaan terutama bagi CV. Uncaria Herbal Indonesia karena dengan marketing plan perusahaan dapat membuat strategi pemasaran dengan membuat analisis SWOT dan bauran pemasaran atau marketing mix dengan menggunakan konsep 4P, yaitu produk (product), harga (price), lokasi (place) dan promosi (promotion)," terang Dr. Mufid.


Materi tentang Digital Marketing disampaikan Nurhidayati Fauna, S.Kom. Ia juga menjelaskan tentang pengujian sosialisasi website marketing yang sedang dikembangkan oleh Tim IT Universitas Gunadarma kepada peserta pelatihan yang akan diterapkan kepada CV. Uncaria Herbal Indonesia. 


Selain itu, dalam kegiatan pelatihan ini juga dijelaskan tentang membuat website e-commerce, branding mengelola sosial media untuk keperluan marketing, SEO (Search Engine Optimization), sistem pembayaran online, dan lain sebagainya.


Disampaikan Dr. Dona, pelatihan ini berjalan lancar dan pada setiap sesi diskusi, peserta sangat antusias. Pertanyaan yang disampaikan oleh peserta kepada narasumber juga banyak itemnya. (*)