1.763 Mahasiswa UNP Terima Beasiswa KIP 2022 -->

1.763 Mahasiswa UNP Terima Beasiswa KIP 2022

Selasa, 08 November 2022


.

Padang - Rektor Universitas Negeri Padang (UNP) yang diwakili oleh Wakil Rektor III Drs. Hendra Syarifuddin, M.Si.,Ph.D bersama branch manager PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. Yudha Andaka menyerahkan buku tabungan kepada 1.763 mahasiswa penerima beasiswa KIP UNP tahun masuk 2022. Kegiatan ini juga dihadiri oleh Kepala Biro Akademik dan Kemahasiswaan serta Koordinator Kemahasiswaan dan bagian Kemahasiswaan UNP.


Kegiatan ini berlangsung selama dua hari dari tanggal 8-9 November di Auditorim UNP. Pada hari pertama ini, penerima beasiswa KIP berjumlah 930 yang berasal dari Fakultas Bahasa dan Seni, Fakultas Ekonomi, Fakultas Ilmu Keolahragaan, dan Fakultas Ilmu Pendidikan. Sementara untuk hari kedua sebanyak 833 yang berasal dari Fakultas Ilmu Sosial, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Psikologi dan Kesehatan, Fakultas Pariwisata dan Perhotelan, dan Fakultas Teknik. 


Wakil Rektor III UNP, Drs. Hendra Syarifuddin, M.Si.,Ph.D menyampaikan bahwa sebanyak 1763 mahasiswa yang menerima beasiswa KIP ini telah melalui proses seleksi dan telah dilakukan kunjungan domisili bagi mahasiswa penerima KIP.  Selanjutnya, WR III menjelaskan beasiswa ini bukan berarti selama empat tahun bisa dinikmati, tetapi ada syaratnya. Jika prestasi konsisten di atas batasan minimal maka akan terus berlanjut, tetapi jika di bawah batasan minimal maka beasiswa yang diterima akan dievaluasi bahkan bisa dialihkan ke mahasiswa lain yang lebih berhak. Mahasiswa penerima beasiswa KIP harus meningkatkan prestasi selama perkuliahan karena ada batasan minimal yang telah ditetapkan dalam penilaian beasiswa KIP ini. Lebih lanjut WR III juga mengapresiasi kepada BTN sebagai mitra UNP karena telah mendukung Program KIP Kuliah bagi mahasiswa UNP. 


Pada kesempatan ini, Branch Manager PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. menyampaikan apresiasi dan terimakasih atas kepercayaaan UNP kepada bank BTN khususnya dalam penyaluran buku tabungan Kartu Indonesia Pintar. “Selamat kepada mahasiswa UNP penerima KIP harus dioptimalkan dalam penunjang dalam perkuliahan. semoga ini menjadi semangat untuk memacu diri dan prestasi,” harap Yudha Andaka kepada Mahasiswa penerima KIP tahun 2022.


Dalam sosialisasinya,  Kepala Biro Akademik dan Kemahasiswaan (BAK) Drs. Yushamdi, menyampaikan  yang  menjadi prioritas  penerima Kartu Indonesia Pintar adalah  mahasiswa yang  secara akademik  mempunyai kompetensi lalu yang menjadi prioritas adalah mahasiswa yang berstatus ekonomi menengah kebawah .Kepala Biro akademik dan kemahasiswaan  juga menjelaskan tujuan adanya  Kartu Indonesia Pintar adalah : (1) meningkatkan perluasan akses dan kesempatan belajar di perguruan tinggi bagi mahasiswa warga negara Indonesia yang tidak mampu secara ekonomi; (2) meningkatkan prestasi mahasiswa pada bidang akademik dan non akademik; (3) menjamin keberlangsungan studi mahasiswa yang berasal dari daerah terdepan, terluar, atau tertinggal, dan/atau menempuh studi pada perguruan tunggu wilayah yang terkena dampak bencana alam atau konflik sosial; dan/atau (4) meningkatkan angka partisipasi Pendidikan Tinggi. 


Wakil Rektor III dan Branch Manager Bank BTN menyerahkan secara simbolis buku tabungan kepada 2 perwakilan mahasiswa UNP Fandi (Fakultas Ilmu Keolahragaan) dan  Mulyani (Fakultas Ilmu Pendidikan). ( Humas UNP )