Untuk Pertama Kali, Kim Jong Un Tunjukkan Sosok Putrinya ke Publik! -->

Untuk Pertama Kali, Kim Jong Un Tunjukkan Sosok Putrinya ke Publik!

Sabtu, 19 November 2022

 

Pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un, menggandeng tangan putrinya saat mereka memantau uji coba rudal, Jumat (18/11/2022). 


PYONGYANG – Pemimpin Korea UtaraKim Jong Un, akhirnya menunjukkan sosok putrinya kepada dunia untuk pertama kalinya, Sabtu (19/11/2022). Hal itu terungkap dalam foto-foto yang menampilkan Kim tengah bergandengan dengan sang buah hati, sebelum peluncuran rudal balistik terbesar milik negara komunis itu, sehari sebelumnya.


Kantor berita KCNA pada hari ini melaporkan, Korut melakukan uji coba rudal balistik antarbenua (ICBM) Hwasong-17 pada Jumat (18/11/2022) kemarin. Yang mengejutkan, peluncuran rudal tersebut juga dihadiri oleh putri Kim—yang keberadaannya belum pernah dikonfirmasi secara publik sebelumnya, sebagaimana dikutip iNews.id.


Kemunculannya yang tak terduga anak perempuan pemimpin Korut itu meningkatkan keyakinan banyak analis politik dan militer bahwa kepemimpinan negara itu dapat diteruskan ke generasi keempat Kim. Hal tersebut juga menunjukkan bahwa senjata nuklir akan menjadi bagian dari warisan ayah kepada anaknya itu.


KCNA tidak menyebutkan nama putri Kim itu. Namun, dalam foto yang dipublikasikan tersebut, gadis itu terlihat mengenakan mantel putih bergandengan tangan dengan ayahnya saat mereka menyaksikan rudal besar.


“Ini adalah kesempatan pengamatan pertama di mana kami melihat putri Kim Jong Un di acara publik,” kata Michael Madden, pakar kepemimpinan Korea Utara di Stimson Center yang berbasis di AS. 


“Ini sangat penting dan mewakili tingkat kenyamanan tertentu di pihak Kim Jong Un bahwa dia akan membawanya ke publik dengan cara seperti itu,” ujarnya.


Jenny Town of 38 North, sebuah organisasi penelitian Korea Utara yang berbasis di Washington, AS, menyatakan bahwa ada pesan yang hendak disampaikan Kim ketika membawa putrinya ke lokasi pengujian ICBM dan menerbitkan foto-foto mereka berdua ke publik. Kim ingin menunjukkan bahwa dia tidak akan tunduk pada tekanan Barat untuk memperlambat program senjata Pyongyang ataupun kembali ke negosiasi.


Reuters melansir, para ahli Korut meyakini bahwa Kim diyakini memiliki tiga anak, yaitu dua perempuan dan satu laki-laki. Beberapa pengamat percaya, salah satu dari anak-anak itu terlihat dalam cuplikan perayaan hari libur nasional Korut pada September lalu.


Pada 2013, pensiunan bintang bola basket Amerika Dennis Rodman mengatakan Kim memiliki seorang “bayi” perempuan bernama Ju Ae. Setelah melakukan perjalanan ke Korea Utara tahun itu, Rodman mengatakan kepada surat kabar The Guardian bahwa dia telah menghabiskan waktu bersama Kim dan keluarganya, dan menggendong bayinya.


Menurut Madden, Ju Ae sekarang diperkirakan berusia sekitar 12-13 tahun, yang berarti dalam empat hingga lima tahun dia akan mempersiapkan diri untuk masuk universitas atau masuk wajib militer.


“Ini akan menunjukkan bahwa dia (Jue Ae) akan dididik dan dilatih untuk memimpin, dan itu bisa mempersiapkan dia untuk mengambil posisi pemimpin pusat, atau dia bisa menjadi penasihat dan pemain di belakang layar seperti bibinya,” ucap Madden.(*)