Wali Kota Payakumbuh Harap BMD Berdampak Peningkatan Layanan Publik -->

Wali Kota Payakumbuh Harap BMD Berdampak Peningkatan Layanan Publik

Senin, 28 November 2022
.


Payakumbuh, fajarsumbar.com - Barang milik daerah (Aset - red) sangat mempunyai peran dan fungsi yang penting bagi pemerintah daerah dalam memberikan pelayan publik terbaik kepada masyarakat.


Maka dari itu, Pj. Wali Kota Payakumbuh sangat menekankan kepada seluruh OPD untuk merawat dan menertibkan pemanfaatan aset milik daerah tersebut agar terkelola dengan baik.


"Untuk pengelolaan dan pencatatan aset ini kita sudah miliki sistem Management Integrated Aset (MIA) berbasis web. Dan untuk 2023 nanti kita akan gunakan E-BMD daei Kemendagri untuk penata usahaan aset ini," kata Pj. Wako Rida Ananda saat membuka sosialisasi pengelolaan BMD di Aula Ngalau Indah Balai Kota Payakumbuh, Senin (28/11).


Selain itu, Rida juga meminta kepada seluruh pengguna barang milik daerah ini agar menjaga dan merawatnya layaknya barang milik pribadi. Sehingga nantinya aset ini bisa digunakan menunjang kelancaran pekerjaan.


"Tolong dirawat aset pemerintah itu, anggap seperti merawat barang milik sendiri. Jaga dengan baik. Kendaraan tolong dicuci, masukkan kedalam garase. Jangan dibiarkan berjemur bahkan di parkir sembarangan di pinggir jalan," ucapnya.


"Nanti kita akan razia, kalau kedapatan kendaraannya tidak dirawat maka akan ditarik," lanjutnya.


Dia juga berpesan, jangan bermain-main dengan aset pemerintah, karena ini erat kaitannya dengan hukum, jangan sampai ada yang tersandung masalah hukum gara-gara pengelolaan aset yang tidak baik.


"Untuk aset yang sudah tidak dapat digunakan atau dimanfaatkan lagi segera laporkan. Kalau secara ekonomis lebih menguntungkan maka bisa diusulkan untuk di jual, jangan sampai dibiarkan tidak punya nilai jual," terangnya.


"Kalau seandainya tidak bisa dimanfaatkan lagi maka bisa diajukan untuk penghapusan aset. Jangan sampai kita terseret masalah hukum gara-gara aset ini. Tolong menjadi perhatian kita bersama," tukuknya.


Rida juga mengharapkan kepada seluruh Kepala OPD dan pejabat penatausahaan pengguna dan pengurus barang untuk mengikuti sosiasli dengan sebaik-baiknya agar aset daerah bisa terkelola dengan baik.


"Ikuti kegiatan ini dengan serius, semoga bisa menambah dan meningkatkan keahlian dalam pengelolaan aset daerah ini," pungkasnya. (ul)