Warga Nagari Kamang Mudiak Dapat Pelatihan Membatik -->

Warga Nagari Kamang Mudiak Dapat Pelatihan Membatik

Rabu, 09 November 2022
.


Agam – Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Andalas (Unand) Padang mengadakan pelatihan membatik bagi masyarakat di Jorong Pakan Sinayan, Nagari Kamang Mudiak, Kecamatan Kamang Magek, Minggu (09/11).


Kegiatan ini merupakan kegiatan Unand dalam program nagari membangun yang dilaksanakan di Galeri Arbazumfakea yang merupakan pusat kewirausahaan di wilayah itu.


Pelatihan membatik yang mendatangkan narasumber Ketua Forum UMKM Provinsi Sumbar, Bunda Een Reffan itu dibuka langsung oleh Ketua TP-PKK Kabupaten Agam, Ny Yenni Andri Warman yang ditandai dengan mewarnai batik yang telah diberi pola oleh Ketua TP-PKK Agam.


Pada kesempatan itu, Ny Yenni mengucapkan terimakasih kepada Prof Asniati Bahari bersama tim melaksanakan kegiatan yang sangat bermanfaat ini bagi masyarakat Nagari Kamang Mudiak.


“Kegiatan ini meningkatkan kapasitas SDM khususnya bidang kesenian di daerah ini,” katanya.


Untuk itu, pihaknya berharap, pelatihan membatik ini akan lahir nantinya batik khas dari Nagari Kamang Mudiak, sehingga dapat meningkatkan ekonomi masyarakat di Nagari Kamang Mudiak tentunya.


“Kita harapkan melalui membatik akan lahir batik khas kamang, dan menjadi ikon di Nagari Kamang, karena sebelumnya juga memiliki kuliner khas seperti karupuak Kamang,” ucapnya.


Sementara itu, Ketua Tim pelaksana, Prof Asniati Bahari ucapkan terimakasih atas dukungannya terhadap LPPM Unand Padang dalam program membangun nagari di Nagari Kamang Mudiak dengan melaksanakan pelatihan membatik ini.


“Ini merupakan kegiatan kedua kalinya yang mana pada pelatihan kali ini dilaksanakan untuk memperhalus proses membatik. Kegiatan lebih difokuskan untuk tahapan produksi yang nantinya hasil dari batik yang dibuat akan dipasarkan sebagai objek promosi bagi Nagari Kamang Mudiak,” katanya. (*/yanto)