21 Negara Uni Eropa Tertarik Investasi di IKN Nusantara -->

Iklan Atas

21 Negara Uni Eropa Tertarik Investasi di IKN Nusantara

Sabtu, 03 Desember 2022

 

21 negara Uni Eropa tertarik investasi di IKN Nusantara. (Foto: Antara/HO-Kementerian PUPR)

JAKARTA - Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara mengungkapkan, ada 21 negara Uni Eropa (UE) tertarik berinvestasi di IKN, Kalimantan Timur.


"Ketertarikan negara-negara Uni Eropa pada pembangunan IKN akan ditindaklanjuti dengan serius supaya harapan pemerintah 80 persen pembiayaan berasal dari investor terpenuhi," kata Kepala Otorita IKN Bambang Susantono dalam keterangannya, dikutip dari Antara, Sabtu (3/12/2022).


Otorita IKN telah melakukan pertemuan dengan perwakilan dari 21 negara UE. Pertemuan itu dihadiri Kepala Otorita IKN Bambang Susantono, Wakil Kepala Otorita IKN Dhony Rahajoe, dan Sekretaris Otorita IKN Jaka Santos. Sedangkan perwakilan Uni Eropa, di antaranya Italia, Polandia, Belgia, Hungaria, Rumania, Swedia, dan negara lainnya, dan sebagaimana dikutip iNews.id.


Otorita IKN sebelumnya mengungkapkan Pemerintah Finlandia dan Spanyol berminat bekerja sama dengan Pemerintah Indonesia dalam pembangunan IKN. Pemerintah Finlandia dan Spanyol bertemu dengan Kepala Otorita IKN Bambang Susantono untuk membahas kerja sama pembangunan IKN.


IKN menyambut baik negara-negara yang ingin bekerja sama. Sebelumnya ada beberapa negara yang ingin bekerja sama seperti Korea dan Arab Saudi.


Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) pun melakukan pembangunan secara masif di IKN mulai dari pembangunan Kantor Presiden, Kantor Kementerian, hunian untuk pekerja, hingga jalan. Pembangunan infrastruktur dasar ini ditargetkan kelar pada 2024.



Otorita IKN hingga dua tahun ke depan fokus pada pengembangan wilayah di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) 1A untuk menjadi kota layak huni dengan fasilitas lengkap untuk memenuhi kebutuhan sehari-harinya.(*)