3 Korban Ledakan Tambang Batu Bara di Sawahlunto Diizinkan Pulang dari Rumah Sakit -->

3 Korban Ledakan Tambang Batu Bara di Sawahlunto Diizinkan Pulang dari Rumah Sakit

Senin, 12 Desember 2022

Lokasi tambang batu bara di Sawahlunto meledak, Jumat (9/12/2022). 


SAWAHLUNTO - Tiga dari empat korban selamat ledakan tambang batu bara di Sawahlunto, Sumatera Barat (Sumbar) diizinkan pulang. Mereka pulang usai menjalani perawatan di rumah sakit.


"Untuk empat orang korban selamat itu, di antaranya tiga orang sudah diperbolehkan pulang untuk rawat jalan," kata Kapolres Sawahlunto AKBP Purwanto Hari Subekti, Senin (12/12/2022).


"Sementara satu orang masih dirawat di RSUD Kota Sawahlunto," lanjut dia.


Dia menambahkan, korban yang masih dirawat ini bernama Arif. Dia sedang menjalani perawatan di Ruangan Intensive Care Unit (ICU) RSUD Sawahlunto, sebagaimana dikutip iNews.id.


"Saudara Arif mengalami luka bakar akibat kejadian ledakan di lubang tambang batu bara bawah tanah PT Nusa Alam Lestari (NAL)," kata dia.


Hari berharap pihak rumah sakit dan pihak-pihak terkait untuk selalu berkoordinasi dalam memberikan penanganan lebih lanjut sehingga korban cepat pulih.


“Para korban telah mendapatkan penanganan sangat baik oleh tim medis dari RSUD Kota Sawahlunto," katanya.


Sebelumnya, tambang batubara milik PT Nusa Alam Lestari meledak. Insiden itu terjadi pada Jumat (9/12/2022) pukul 08.30 WIB.


Akibatnya, ada 14 orang yang tertimbun di dalam lubang tambang batu bara tersebut. Nahasnya, 10 orang dinyatakan meninggal dunia, sementara empat orang selamat namun harus menjalani perawatan di RSUD Sawahlunto. (*)