Aia Tabasuik Kab.Solok Diyakini Bisa Mengobati Segala Macam Penyakit -->

Aia Tabasuik Kab.Solok Diyakini Bisa Mengobati Segala Macam Penyakit

Kamis, 22 Desember 2022
Warga mandi-mandi di Aia Tabasuik di Kab. Solok, Sumbar. Lokasi itu sudah jadi objek wisata baru bahkan pengunjung mencapai ratusan orang sehari. 


Solok, Fajarsumbar.com - Aia Tabasuik yang di kenal banyak orang di Jorong Kayu Aro Nagari Batang Barus, Kecamatan Gunung Talang, Kabupaten Solok, Sumatera Barat (Sumbar) kini jadi objek wisata baru di daerah tersebut. Bahkan airnya diyakini bisa mengobati segala macam penyakit. 


Aia Tabasuik itu kini menjadi incaran wisatawan, terkhusus warga sekitar. Setiap hari pengunjung ke wilayah tersebut terus bertambah, bahkan nominal orang yang datang ke sana mencapai ratusan orang per hari.


Aia Tabasuik adalah mata air yang cukup besar keluar dari kaki bukit di Jorong Kayu Aro. Wilayah itu kini banyak dikunjungi wisatawan.  Menurut informasi air yang keluar dari perut bumi itu yakini bisa menyembuhkan segala penyakit dan bahkan cerita dari warga sekitar air itu bisa menyuburkan padi saat orang bercocok tanam pada musim ke sawah.


Tidak cukup sampai disitu cerita Aia Tabasuik sudah lama keberadaannya. Bahkan menurut Bakar warga sekitar cerita fenomenal air tersebut airnya hidup mati dan tidak bertahan lama, paling lama empat bulan abis itu muncul lagi setiap tahunnya.


"Biasanya air itu muncul awal awal memasuki bulan puasa dan akan mati lagi setelah hari raya Haji, dan itu terus menerus tiap tahunnya," jelas Bakar kepada fajarsumbar.com, Kamis (22/12/2022).


Jika ingin melihat Aia Tabasuik di Jorong Kayu Aro, tepatnya sekitar tiga ratus meter dari Kantor Bupati Kabupaten Solok dari arah Kota Solok menuju Padang pas dekat Simpang Kayu Aro menuju perkebunan Teh PTP Enam Kabupaten Solok. (def)