Amankan Nataru, Polres Padang Panjang Gelar Apel Operasi Lilin 2022 -->

Amankan Nataru, Polres Padang Panjang Gelar Apel Operasi Lilin 2022

Kamis, 22 Desember 2022
AKBP Donny Bramanto, S.I.K,.


Padang Panjang, fajarsumbar.com - Mengamankan Natal 2022 dan Tahun Baru (Nataru) 2023, Polres Padang Panjang melaksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin 2022 di halaman Mako Polres, Kamis (22/12). 


Kapolres AKBP. Donny Bramanto, SIK saat membacakan amanat Kapolri menyatakan, apel gelar pasukan  ini merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan personel maupun sarana prasarana. Diharapkan pengamanan dapat terselenggara  optimal dan sinergi, sehingga Nataru berjalan dengan kondusif.


Polri dengan dukungan TNI, Kementerian/lembaga, pemerintah daerah, mitra kamtibmas serta stakeholder terkait, menggelar Operasi Kepolisian Terpusat dengan  sandi Operasi Lilin 2022 selama 11 hari. Mulai 23 Desember 2022 sampai dengan 2 Januari 2023. Dilanjutkan dengan kegiatan Kepolisian rutin yang ditingkatkan (KRYD), 3-9 Januari 2023.


Operasi Lilin 2022 terdiri dari total 166.322 

personel gabungan yang ditempatkan pada 1.845 pos pengamanan, 695 pos pelayanan dan 89 pos terpadu, guna mengamankan 52.636 objek pengamanan. Berbagai hal tersebut dipersiapkan mengamankan kegiatan Nataru, agar masyarakat merasa nyaman dan aman.


“Khusus untuk Padang Panjang kita siap memberikan pengamanan Nataru. Dengan menyiapkan 164 orang personel,” kata Kapolres.


Donny menjelaskan, terdapat lima pos pengamanan, di antaranya dua pos berada di dalam kota dan tiga pos berada di luar kota.


"Untuk personel, laksanakanlah tugas dengan penuh tanggung jawab, profesional humanis dan pahami tugas kita masing-masing," katanya.


Demi kelancaran Nataru, Kapolres mengimbau masyarakat bersama-sama menjaga kamtibmas yang aman dan kondusif.


“Kami imbau kepada masyarakat sebelum bepergian tolong dicek kondisi kendaraannya, layak atau tidak. Karena laka lantas yang terjadi di Padang Panjang disebabkan karena faktor kendaraan di samping kondisi jalan,” imbaunya. 


Apel diikuti Staf Ahli Walikota Bidang Ekonomi Keuangan dan Pembangunan, Zulkifli, S.H, perwakilan TNI, Denpom, Brimob, Dinas Perhubungan, Satpol PP dan Damkar, BPBD Kesbangpol, dan Dinas Kesehatan. (syam)